67 Senin, 21 Oktober 2013 | 06:10:52

Tahu Ciri-ciri Semen Berkualitas? Nih... Cara Membuktikannya!

tahu-ciri-ciri-semen-berkualitas-nih-cara-membuktikannya

Semen merupakan salah satu material penting untuk membangun properti. Ada berbagai macam merk semen yang beredar di pasaran saat ini. Tidak semua menawarkan kualitas yang bagus. Demi kesehatan dan kenyamanan, Anda perlu memastikan semen yang Anda beli dan gunakan berkualitas baik. Simak ciri-cirinya sebagai berikut:

1. Berwarna abu-abu tua atau muda

Bila warna semen terlalu gelap (agak hitam) atau terlalu terang (agak putih) kemungkinan aditif yang digunakan terlalu banyak sehingga dapat menurunkan kekuatan semen.

2. Cepat keras setelah diaplikasikan

Semakin baik kualitas semen maka adukan (pasta) semen akan lebih cepat mengeras setelah diaplikasikan (biasanya 6-7 jam).

3. Adukan lebih rapat dan rekat

Karena padatnya bahan-bahan pembuat semen berkualitas, adukan yang dihasilkan dari semen bercampur pasir dan batu split tersebut juga terasa lengket, kental dan padat.

4. Kemasan tertutup sempurna

Cek kertas pembungkus semen masih tersegel rapat atau tidak. Jangan menerima kantung semen yang telah terkena air atau ada bekas tambalan.

5. Berlogo SNI

Sebelum memilih semen, pastikan terlebih dulu sertifikat yang telah diraih oleh merek tersebut. Bisa berupa logo SNI atau yang telah bersertifikasi internasional.

6. Perhatikan penyimpanannya

Jangan diletakkan semen bersinggungan langsung dengan ubin atau lantai, agar tidak cepat mengeras.  Alasi permukaan semen dengan kayu, plastik, atau batu bata. Jauhkan semen dari air dan ruangan yang lembap serta hindari menyimpan semen yang terlalu lama, misalnya lebih dari 3 bulan. (Gusti Ayu Made Maharani)  


Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel