182 Jum'at, 18 Oktober 2013 | 06:00:28

Tips Jitu Memilih Gorden Yang Tepat

tips-jitu-memilih-gorden-yang-tepat

Gorden adalah sebuah furniture yang sangat penting peranannya bagi sebuah ruangan. Fungsi gorden selain memberi keindahan bagi sebuah ruangan,  gorden juga berfungsi untuk menghalau sinar matahari dari luar serta  berguna untuk  menutupi bagian dalam ruangan agar tak terlihat dari luar.Dalam mempercantik sebuah ruangan, gorden menjadi salah satu elemen penting dalam mendekorasi dan mempercantik tampilan sebuah ruangan. Gorden juga dapat di padu padankan dengan tema ruangan dan model jendela dimana dari perpaduan tersebut akan menghasilkan dekorasi ruangan yang tampak berbeda.


Dengan pemilihan gorden yang tepat kita akan mendapatkan hasil dari dekorasi ruangan yang harmonis, dalam memadu padankan gorden kita  harus teliti dalam memilih bahan, desain dan warna dari gorden tersebut yang sesuai dengan konsep ruangan dan bentuk serta ukuran dari jendela.


Bagaimanakah cara memilih gorden yang tepat dan sesuai dengan ruangan anda? berikut ini adalah tips-tips cara memlih gorden yang harus anda perhatikan.


Ukurlah jendela Anda secara tepat sebelum membeli gorden
Pemasangan gorden langkah pertama yang kita lakukan adalah mengukur jendela secara tepat, karena dengan megukur jendela dengan tepat bisa menghindari anda dari masalah seperti gorden yang kita pasang terlalu kecil atau terlalu besar untuk ukuran jendela anda. Jadi sebelum kita membeli gorden alangkah baiknya mengukur secara tepat panjang dan lebar dari jendela.


Selain kita mengukur jendela secara cermat, ukurlah juga panjang dan lebar dinding tempat dimana jendela itu berada. Hal ini berguna untuk memastikan pemilihan model gorden seperti contoh model gorden kecil yang memiliki ukuran tanggung atau model gorden tinggi menjutai kebawah hingga menyentuh lantai apakah sudah sesuai dengan model yang anda inginkan. Selain itu ukuran gorden juga harus di tentukan dengan fungsi ruangan dimana gorden itu akan dipasang.


Pertimbangkan skema warna di ruangan dimana gorden ditempatka
Dalam pemilihan warna gorden tidaklah terlalu sulit, anda dapat mengombinasikan warna gorden dengan warna dinding ruangan. Salah satu caranya adalah dengan menentukan warna gorden sesuai dengan warna cat pada dinding ruangan namun dengan pemilihan tone yang lebih tua atau muda. Contohnya warna dinding kita adalah biru tua, untuk menyelaraskannya dengan warna ruangan  maka warna gorden yang kita pilih adalah warna biru muda.
 
Untuk mengantisipasi perbedaan warna yang serupa antara warna gorden dan warna dinding ruangan yang terlihat menjadi berkomplemen dan bukan terlihat kontras satu sama lain. Pemilihan warna serupa dengan tone yang bebeda antara warna dinding dan dengan warna gorden adalah cara yang terbaik.


Sesuaikan motif gorden dengan furniture lain pada ruangan tersebut
Bila anda Memilih gorden yang polos tanpa motif atau bermotif pada suatu ruangan, anda juga harus memperhatikan furniture-furniture lain yang berada didalam ruangan yang akan dipasangi gorden tersebut. Bila ruangan yang akan anda pasangi gorden sudah di penuhi dengan furniture yang bermoif cukup ramai mulai dari sofa hingga wallpaper, maka gorden polos tanpa motif yang harus anda pilih.
 
Gorden besar dan tebal atau gorden kecil dan tipis?
Dalam menentukan gorden yang tepat anda harus menyesuaikan dengan kondisi cuaca pada saat itu, ketika anda akan menentukan ukuran gorden yang sesuai dengan keinginan anda entah itu tebal, tipis, panjang, lebar, besar ataupun kecil. Salah satu contohnya anda dapat memilih gorden yang tipis ketika kondisi cuaca tengah panas, ini memungkinkan udara dapat leluasa bergerak masuk ke ruangan.
 
Tapi apabila cuaca saat itu adalah musim hujan  dan udara di luar ruangan cukup dingin maka gorden cukup tebal bisa anda pilih untuk menghalau udara dingin dari luar agar tak masuk ke ruangan. Dan pilihlah gorden yang cukup tebal, besar dan berlapis-lapis untuk menghalau sinar matahari yang menyilaukan untuk masuk ke dalam ruangan.
 
Sumber : desain hunian sederhana

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel