158 Senin, 23 September 2013 | 09:02:10

Tiga Jenis Nat yang Merangkaikan Keramik

tiga-jenis-nat-yang-merangkaikan-keramik

Nat berpengaruh tidak hanya kepada tampilan ruang, namun juga pada kekuatan keramik, baik keramik dinding maupun lantai.

Pada keramik lantai maupun dinding, nat seakan menjadi percantikan. Sosoknya yang besar, kecil, atau berwarna-warni, menjadikan keramik tampak lebih indah. Keberadaannya juga membuat setiap keping keramik terangkai menjadi sebuah "papan" pada lantai atau dinding.

Nat sendiri adalah bidang yang merupakan celah sambungan antarkeramik. Dalam interior, terdapat tiga pilihan pemasangan keramik berkaitan dengan natnya. Nah, berdasarkan nat ini, pemasangan keramik dapat dibagai sebagai berikut:

Open joint .  Ini adalah pemasangan keramik dengan nat lebih besar dari 3mm. Biasanya dilakukan untuk pemasangan di lantai tingkat untuk mentolerir pemuaian dan penyusutan keramik.


Closed joint.  Ini adalah pemasangan keramik dengan ukuran nat lebih kecil dari 3mm. Biasanya untuk pemasangan keramik lantai dengan tingkat porositas yang rendah atau keramik dinding.


Expansion joint . Suatu sambungan yang sifatnya membantu mengantisipasi pada saat terjadi pergeseran struktur yang akan mengakibatkan lantai “meledak” . Sambungan atau nat tidak seluruhnya diisi semen, tetapi juga bahan karet atau styrofoam, atau bahan lain yang sifatnya elastis.


Foto: iDEA/Dean Martin Saerang
Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel