118 Jum'at, 27 September 2013 | 09:05:08

Memilih Pintu Ideal untuk Kamar Mandi

memilih-pintu-ideal-untuk-kamar-mandi

Ada berbagai faktor yang perlu diperhatikan saat mendesain kamar mandi. Tak hanya penataan interior yang diperlukan, pemilihan pintu pun penting untuk mendapatkan kamar mandi yang nyaman.

Kamar mandi tak hanya berfungsi sebagai tempat untuk membersihkan diri. Kini, kamar mandi mulai bergeser fungsi menjadi sebuah tempat relaksasi. Tak heran bila kamar mandi kini didesain secara maksimal. Tujuannya untuk mendapatkan kenyamanan.

Tentu saja, desain interior sangat memengaruhi kenyamanan ruangan ini. Selain itu, pemilihan pintu juga perlu diperhatikan agar kamar mandi tetap nyaman dan aman. Pemilihan bahan pintu kamar mandi harus mendapat perhatian.

Daerah yang rawan lembab ini memerlukan pintu dari bahan yang tidak cepat rusak karena air. Untuk memilih pintu yang cocok dengan kamar mandi, Anda harus mempertimbangkan kegunaan, estetika, dan biaya.

Desainer interior Ari Indra menuturkan, memilih material pintu kamar mandi sangat bergantung pada karakter kamar mandi. Apakah itu untuk kamar mandi basah atau kering. Untuk kamar mandi yang tergolong basah, sebaiknya jangan menggunakan material kayu.

Bagian bawah pintu kamar mandi memang selalu menjadi daerah yang paling rawan terhadap kerusakan. Sebab, area bawah pintu adalah pusat dari segala tetesan air mandi, jadi akan selalu lembab dan basah sehingga warna pintu bagian bawah selalu lebih cepat pudar.

"Faktor kelembaban menjadi poin terpenting saat memilih pintu mana yang akan dipasang. Jika ingin menggunakan pintu kayu untuk kamar mandi basah, sebaiknya pilih pelapis yang pas untuk mengamankannya. Pelapis bisa mengurangi risiko kerusakan pada pintu kayu," tambah Ari.

Material kayu sangat cocok digunakan sebagai pintu kamar mandi yang berukuran besar, di mana tata letak pintu dapat diatur supaya air tidak langsung berhubungan dengan pintu. Karena kamar mandi basah lebih cenderung bersifat lembab, menggunakan pintu kayu sangat mempercepat kelapukan. Dengan demikian, alangkah baiknya bila material kayu tidak digunakan pada kamar mandi berukuran kecil.

Sementara untuk kamar mandi kering, panel kayu dapat diaplikasikan. Karena pada kamar mandi kering jarang sekali terjadi cipratan seperti pada kamar mandi basah.

"Saat ini sudah banyak bahan kayu untuk interior yang bisa digunakan untuk pintu kamar mandi yang tahan air," ucap Ari. Jenis pintu plastik juga bisa dijadikan solusi sebagai pilihan yang tepat untuk menutupi kamar mandi Anda.

(Aprilia S Andyna/ SINDO) (rhs)    

 

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel