240 Senin, 12 Agustus 2013 | 04:23:01

Ragam Kayu untuk Dekorasi Interior

ragam-kayu-untuk-dekorasi-interior

Menggunakan material kayu selalu menjadi juru jitu para desainer untuk menambahkan sentuhan 'hangat' pada interior ruangan. Jika dulu material kayu hanya dimanfaatkan daya tahannya, kini mulai muncul kesadaran masyarakat bahwa kayu memiliki kecantikan tersendiri. Selain karena daya tahannya yang kuat, material kayu sangat disukai karena tekstur serat dan juga pola urat pada permukaannya. Karena itulah kini kayu tak hanya berfungsi sebagai material penyusun bangunan, tapi juga dapat dijadikan elemen dekorasi interior. Difungsikan sebagai pelapis lantai ataupun dinding, Anda dapat menentukan desain kayu sesuai jenisnya.

Kayu Solid

Sesuai namanya, kayu solid adalah kayu utuh yang langsung diolah menjadi furnitur ataupun elemen bangunan. Kayu solid yang cocok digunakan sebagai pelapis dinding adalah kayu dengan pola urat yang cantik. Salah satu contohnya adalah kayu jati. Pola alur uratnya sangat cantik dan tahan terhadap cuaca ataupun rayap.

Dibandingkan kayu olahan, kayu solid lebih kuat dan lebih kokoh, karena itupun harganya lebih mahal. Umumnya kayu solid memiliki tekstur yang sangat cantik dan tegas. Karena itu, untuk memberikan tampilan berdimensi pada dinding, Anda tidak perlu menghaluskan permukaannya. Biarkan tekstur alaminya menjadipoint of interest yang berdimensi pada dinding Anda.

Teakblock

Kualitas kayu solid memang tidak ada duanya, karena itu harganya cenderung mahal. Bagi Anda yang tetap ingin menerapkan pelapis dinding dengan urat kayu yang terekspos, teakblock dapat menjadi satu alternatif selain kayu solid. Sesuai namanya, teak berarti kayu jati. Namun jati yang dimaksud di sini adalah jati dalam bentuk lembaran. Lembaran jati ini nantinya digunakan untuk melapisi kayu lunak di dalamnya. Kayu lunak menjadi bahan utama, sehingga fungsi lembaran jati hanyalah sebagai pemberi corak pada permukaan luar. Teakblock dapat diolah menjadi berbagai bentuk, sehingga Anda dapat memilih tampilan yang disukai untuk memberikan dimensi pada dinding Anda.

Plywood

Plywood, atau yang lebih dikenal dengan kayu lapis, merupakan hasil perekatan beberapa lembaran kayu dengan tekanan tinggi. Plywood memiliki beberapa jenis ketebalan, di mana ketebalan inilah yang menentukan kekuatannya. Plywood dapat menjadi alternatif bila kayu solid dirasa terlalu mahal, karena harganya yang sudah pasti lebih murah.

Bila Anda menginginkan pelapis dinding dengan tampilan yang modern dan unik, plywood dapat menjadi jawabannya. Plywood yang polos dapat dilapisi dengan HPL, veneer, atau melaminto untuk memberikan motif ataupun tekstur yang Anda inginkan. Agar lebih berdimensi, plywood dapat diolah menjadi berbagai macam bentuk sesuai keinginan Anda.


Sumber: IdeaOnline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel