153 Kamis, 01 Agustus 2013 | 09:26:37

Lebaran Tiba Tak Perlu Beli Furnitur Baru

lebaran-tiba-tak-perlu-beli-furnitur-baru

Jelang Lebaran yang jatuh pada 8-9 Agustus 2013 mendatang, Anda tak perlu panik dengan tampilan furnitur yang lama atau rusak langsung dibuang. Sebaiknya cek dahulu keadaannya. Mungkin Anda atau tukang langganan bisa memperbaiki. Sedikit kreativitas bahkan bisa mengubah furnitur lama jadi daya tarik baru di rumah Anda.

Untuk membantu Anda, berikut ini beberapa cara praktis sebagai panduan mereparasi furnitur lama:

1. Perbaikan kecil

Periksa menyeluruh kondisi furnitur Anda. Copot dan ganti paku atau engsel furnitur yang rusak dan berkarat. Gunakan compound untuk menambal retak atau lubang pada furnitur kayu. Khususnya jika Anda akan mengecat ulang. Cek furnitur kayu Anda, apakah ada tanda kerusakan olah rayap. Jika ada, cegah dari kerusakan yang lebih parah dengan menyemprot atau melapisnya dengan cairan anti rayap.  

2. Perbaiki laminate yang lepas

Setelah 2-3 tahun penggunaan, laminate (HPL) pada furnitur biasanya mulai lepas. Khususnya pada ujung atau sudut furnitur. Apalagi jika sering terkena air atau lembab. Segera perbaiki sebelum kerusakan parah. Gunakan lem kayu untuk merekatkannya kembali. Oleskan lem merata pada bagian belakang laminate. Tekan dengan alat penjepit hingga merekat sempurna, tunggu lem mengering, baru lepaskan.

3. Pengecatan ulang

Furnitur berbahan kayu atau besi umumnya menggunakan cat oil based (berbahan dasar minyak). Cat ini memberi efek kilap. Bersihkan cat lama pada furnitur yang akan dicat dengan amplas agar hasil pengecatan lebih baik. Lepas dahulu handle dan knob untuk memudahkan pengecatan kabinet.

Gunakan cat khusus dengan efek washed (luntur), crack (retak) atau sandstone (berpasir) untuk hasil yang unik. Sebaiknya cat khusus ini tidak diaplikasi di atas lapisan cat lama. Efek yang dihasilkan kerap kurang optimal. Berkreasilah pada furnitur dengan kombinasi warna atau gambar karya sendiri. Anda bisa menggunakan cetakan dan cat semprot untuk memudahkan.

4. Gunakan stiker dekoratif  

Tempel stiker dekoratif jika Anda mulai bosan dengan penampilan furnitur Anda. Penampilan baru didapat dengan cara instan. Pola dan warna stiker dekoratif kini semakin beragam. Anda bahkan bisa memesan desain khusus.

5. Mozaik untuk furnitur

Mozaik bukan cuma untuk dinding kamar mandi atau backpanel dapur. Anda bisa menggunakannya untuk melapis permukaan meja atau pintu lemari. Gunakan lem putih atau perekat keramik untuk menempelkannya ke permukaan furnitur. Terlebih dahulu gambar desain yang Anda inginkan pada permukaan furnitur untuk acuan. [us]

 

Sumber : SolusiProperti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel