189 Rabu, 14 Agustus 2013 | 03:07:41

Biru Bangkitkan Selera Makan

biru-bangkitkan-selera-makan

Restoran cepat saji yang menggunakan warna merah sebagai nuansa utama ruang restorannya tidak sekadar untuk menarik perhatian. Kecenderungan ini berasal dari berbagai penelitian yang mengasosiasikan merah dengan stimulan selera makan. Sebagai warna yang begitu menonjol, warna merah pun mampu menarik perhatian bagi restoran. Namun, hal berbeda ternyata berlaku di rumah tinggal.

Di rumah tinggal, ruang makan pada umumnya terhubung secara langsung dengan dapur. Menurut Kate Smith, konsultan warna dari Lorton, Virginia, Amerika Serikat, warna biru cocok digunakan di dapur.

"Jika Anda tumbuh di dapur dengan warna biru dan putih, Anda akan memiliki kenangan-kenangan indah. Biru dan putih kemungkinan besar merupakan warna terbaik bagi Anda dan keluarga" ujarnya. Jadi, biru tampaknya cocok juga digunakan di ruang makan.

Trik membuat warna biru dapat digunakan di ruang makan adalah "meredam" kesan dinginnya. Biru tersedia dari nuansa yang sangat ringan hingga gelap. Memadukan warna biru dengan kayu, misalnya, dapat membuatnya terkesan lebih hangat.

Cobalah perpaduan bernuansa laut dan langit. Biru muda yang lembut di satu dinding, warna krem di dinding lain, serta sedikit sentuhan hijau dari keramik mozaik. Biru langit juga bisa Anda padukan dengan warna abu-abu. Gunakan abu-abu pada lantai dan furnitur, lalu "hangatkan" ruangan dengan aksen kayu pada plafon.

Gunakan cat biru muda pada plafon. Cara ini akan membuat plafon terasa lebih tinggi dan ruangan terasa lebih luas. Padukan plafon biru muda pada ruang makan dengan dinding putih dan lantai kayu berwarna terang.

Bagi Anda yang lebih menyukai warna-warna mencolok ketimbang bernuansa pastel, gunakan biru kehijauan (turquoise). Padukan dengan lantai kayu berwarna gelap, dinding krem, serta perabot berwarna putih. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan warna biru tua kehitaman, atau biru donker. Seimbangkan dengan warna-warna terang seperti putih, dan sediakan banyak sinar matahari ke ruang makan tersebut.

Biru muda juga sebetulnya dapat dikreasikan lebih mencolok. Padukan saja biru muda dengan aksen kayu dan kursi berwarna merah mencolok. Namun, jika Anda tidak percaya diri menggunakan warna-warna mencolok, gunakan saja yang cenderung netral serta aksesori terjangkau.


Sumber: Kompas Property

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel