199 Senin, 01 Juli 2013 | 03:01:02

House in Hiyoshi, Kesederhanaan Rumah Modern di Jepang

house-in-hiyoshi-kesederhanaan-rumah-modern-di-jepang

Rumah bernama "House in Hiyoshi" atau "Rumah di Hiyoshi" karya EANA, sebuah firma arsitektur asal Jepang, bisa jadi merupakan contoh hidup ringkas di masa depan. "House in Hiyoshi" berada di ujung selatan sebuah taman umum di Kota Yokohama, Jepang.

Rumah berbentuk balok ini berada di atas tanah seluas 104,13 meter persegi. Rumah tersebut hanya menutupi tanah seluas 45,55 meter persegi, namun luas keseluruhan gedungnya mencapai 91,10 meter persegi.

Sekilas, meskipun tampak solid dan keras, konstruksi rumah ini terbuat dari balok kayu. Rumah dengan tiga lantai tersebut memanipulasi jarak antara lantai dan langit-langit untuk beradaptasi dengan kebutuhan di masa akan datang. Antara satu lantai dengan lantai lainnya tidak memiliki ketinggian ruangan yang sama.

Memasuki rumah ini, Anda akan disambut dengan langit-langit yang lebih rendah. Di area ini terdapat dua kamar tidur, area service dan penyimpanan, selain itu terdapat sebuah tangga yang mengarah pada lantai kedua.

Lantai pertama rumah ini merupakan lantai beton yang disemir. Tidak tampak penutup lantai apapun di sini.

Berbeda dengan lantai pertama, lantai kedua ditutupi dengan lantai kayu. Di lantai ini terdapat ruang beraktivitas dan bersosialisasi utama. Dapur, ruang keluarga, dan ruang makan berada di sini.

Selain itu, ruang ini juga memiliki kekhususan, yaitu langit-langit yang mencapai empat meter. Sebuah jendela kaca berukuran besar menghadap ke utara. Lewat jendela ini, pemilik rumah dapat menyaksikan pemandangan yang ada di taman dekat rumah mereka.

Tangga besi menghubungkan lantai tersebut pada lantai tiga dan teras di atas. Di sana terdapat sebuah jendela yang menghadap ke arah selatan. Dengan jendela ini, hangatnya sinar matahari dapat menghangatkan interior.

Rumah ini memiliki konsep sederhana yang membuat semua bagian rumah dapat digunakan secara efektif. Uniknya, meski efektif, rumah ini juga tidak kehilangan unsur estetika. Nah, simak sendiri

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel