124 Senin, 29 Juli 2013 | 11:35:35

Punya "Comfort Zone" di Rumah? Mulailah dari Sekarang!

punya-comfort-zone-di-rumah-mulailah-dari-sekarang

Orang bilang tak baik terlena dalam comfort zone. Tapi, zona ini justru diperlukan dalam rumah untuk menghilangkan penat.

Rumahku istanaku. Istilah itu tentu telah dikenal luas di masyarakat. Maknanya, yaitu seperti apapun bentuknya rumah adalah tempat di mana kita beristirahat melepas lelah fisik dan pikiran setelah beraktivitas sehari penuh. Karenanya, kenyamanan adalah harga mati yang tak bisa ditawar-tawar.

Ruang yang nyaman di dalam rumah berkaitan dengan tata ruangannya. Jika mungkin, maka buatlah agar semua ruang di dalam rumah menjadi tempat yang nyaman. Jika tak mungkin, satu atau dua ruang, atau bahkan satu sudut ruang bisa dibuat lebih nyaman dari lainnya.

Tak perlu bingung menentukan ruang mana yang harus dibuat lebih nyaman. Secara naluri, manusia lebih nyaman berada pada ruang yang tidak luas. Pada kamar tidur, ruang keluarga, atau bahkan sudut ruang yang lebih kecil, misalnya. Bahkan, sejak masih di dalam kandungan, seorang bayi walau berada di ruang sempit dalam posisi meringkuk, ia tetap dapat hidup nyaman di sana.

Setelah beranjak dewasa, manusia juga memerlukan ruang gerak yang cukup. Terkadang manusia memerlukan sedikit "kekosongan", dalam arti tidak melakukan kegiatan apapun. Semacam meditasi ringan yang dapat dilakukan siapa saja.

Itulah sebabnya, dalam tradisi Bali terdapat suatu area serupa gazebo yang bernama Bale Bengong yang ditempatkan di samping atau belakang rumah. Sesuai namanya, area tersebut berfungsi sebagai tempat melepas lelah dan meringankan beban pikiran. Pengguna hanya perlu duduk di sana sambil menatap indahnya alam sekitar.

Berdasarkan nilai-nilai psikologis di atas, tak ada salahnya membuat sudut kecil di dalam rumah atau taman. Di dalam rumah, zona nyaman ini dapat dibuat di ruang keluarga. Atau, di sudut lain ruang keluarga yang terlindung dari unsur-unsur negatif yang mengganggu kenyamanan.

Area ini tak perlu dihias berlebihan. Cukup sediakan tempat duduk dan bantal yang nyaman. Lebih baik lagi bila area tersebut cukup terbuka agar tubuh menjadi lebih segar dengan semilir angin, wangi tumbuhan, dan hangatnya matahari. Biar kecil, yang penting nyaman dan hangat!.



Sumber: Kompas Property

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel