210 Kamis, 18 Juli 2013 | 10:37:12

Jelang Ramadan, Begini Cara Mengatasi Gerah di Rumah

jelang-ramadan-begini-cara-mengatasi-gerah-di-rumah

Gerah dan panas memang mengganggu, apalagi bila terjadi di rumah kita. Saat rumah dianggap tempat yang paling nyaman untuk beristirahat, ternyata malah membuat kita tidak betah karena udara panas yang menyelimuti. Terlebih, sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadan, di mana panas menjadi salah satu godaan.

Sebenarnya, banyak faktor yang membuat hunian kita terasa panas. Misalnya masalah struktur dan ventilasi yang membuat sirkulasi udara tidak baik. Agar tidak panas, ada beberapa hal yang bisa kita pilih.

Pertama, kita bisa menyiasati panas dengan meninggikan kemiringan atap. Kemiringan yang baik berkisar antara sudut 25-45 derajat. Kita bisa tambahkan dengan memasang jendela agar udara di bawahnya bisa bersikulasi lancar. Peran ventilasi ini juga penting seperti di atas kusen pintu. Bahannya bebas, bisa kayu solid atau batu dari semen dan tanah liat yang dilapisi keramik. Selain kemirngan atap, kita juga bisa meninggikan plafon/langit-langit. Plafon yang tinggi memungkinkan udara panas tidak terjebak di dalam.

Kedua, supaya tidak merusak estetika rumah, kita bisa memanfaatkan turbin ventilator. Alat ini selain murah, pengoperasiannya juga sederhana. Cara kerjanya seperti blower, yakni udara di bawah akan dihisap keluar, jadi pertukaran udara bisa terjaga.

Ketiga, panas juga bisa kurangi dengan memasang insulator di bawah atap. Bahannya yang berupa lembaran alumimium foil memungkinkan udara panas bisa keluar melalui rongga-rongganya.

Keempat, ini adalah pilihan terakhir dan mudah, memasang Air Conditioner (AC). AC memang cukup membantu untuk mengatasi kondisi ini. Tetapi harus diingat, AC memerlukan perawatan berkala dan menambah beban pemakaian listrik, itu berarti akan menambah beban biaya rumah tangga kita juga.


Sumber: Propertykita

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel