573 Senin, 01 Juli 2013 | 04:20:13

7 Cara Mudah Percantik Teras Rumah

7-cara-mudah-percantik-teras-rumah

Salah satu cara mudah, cepat, dan relatif murah mempercantik teras rumah adalah menempatkan tanaman pot gantung. Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam menempatkan pot gantung ini. Berikut ini tips untuk Anda, yang diambil dari Houzz.com.

Pertama, pilihlah bentuk dan bahan pembuat pot yang sesuai selera. Paling mudah, Anda dapat membeli pot plastik, tanah liat atau anyaman tambang yang tersedia di pasar swalayan. Apa pun pilihannya, pastikan Anda mengetahui bahwa bentuk dan jenis pot menentukan cara perawatan, terutama penyiraman tanaman.

Kedua, Anda dapat memilih cukup banyak jenis tanaman. Umumnya, semua tanaman yang bisa tumbuh di tanah, bisa juga tumbuh di dalam pot. Carilah tanaman-tanaman yang akan menjuntai ke bawah. Jenis tanaman semacam ini dapat membuat teras lebih menarik. Tanaman-tanaman dari keluarga ivy, pothos, pakis, sukulen, serta tanaman merambat semusim seperti petunia, dan geranium akan tampak cantik. Hindari jenis-jenis tanaman dengan akar ekstensif, seperti jenis-jenis semak dan pohon.

Ketiga, perhatikan pola saluran air di dalam pot gantung. Jika Anda menggunakan pot tanah liat, tambahkan kerikil, potongan genting, atau apapun yang mampu memberikan ruang bagi jalannya air agar akar tidak membusuk. Setelah kerikil, baru masukkan tanah dan tanaman.

Keempat, sirami tanaman di dalam pot gantung dengan teratur. Pasalnya, tanah di dalam pot gantung cenderung lebih cepat kering ketimbang tanah. Bagi tanaman yang terkena ekspos sinar matahari secara langsung, sebaiknya disiram dua kali sehari (pagi dan sore).

Kelima, jangan lupakan pupuk. Apapun media tanamnya, tanaman membutuhkan pupuk. Maka itu, sebaiknya berikan pupuk teratur setiap bulan. Umumnya, tanaman-tanaman bunga membutuhkan pemupukan lebih teratur ketimbang tanaman lain. Cocokkan jenis tanaman dengan pupuk yang sesuai tanaman tersebut. Pastikan juga takaran dan cara pemberian pupuk.

Keenam, Idealnya dalam satu pot tanamlah satu jenis tanaman. Bila tidak, usahakan tanaman-tanaman tersebut memiliki keperluan tumbuh serta jumlah paparan sinar matahari dan air yang sama.

Terakhir, letakkan pot-pot gantung ini pada tepi-tepi luar teras. Hindari area pintu masuk atau area-area lain dengan intensitas lalu-lintas penghuni yang tinggi. Selain itu, pastikan juga langit-langit tempat menggantung mampu menahan pot tersebut. Selamat menghias teras Anda!

 


Sumber: Kompas Property.

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel