237 Selasa, 09 Juli 2013 | 02:55:42

Bermain Ilusi Untuk Kesan Luas

bermain-ilusi-untuk-kesan-luas

Menata hunian dengan lahan terbatas bukan perkara mudah. Namun jangan cemas, Anda bisa menyiasatinya dengan ilusi sederhana yang akan membuat rumah terasa lega.

Bagaimana caranya? Saat mendekorasi ruang, hal pertama kali yang harus diperhatikan adalah luas ruangan. Keterbatasan ruangan seakan menjadi tantangan tersendiri. Anda tidak akan leluasa mengaturnya. Permainan "ilusi" bisa Anda lakukan untuk menyiasati hal tersebut. Ilusi bisa dilakukan melalui pemilihan warna, cermin, pencahayaan, dan furnitur.

Selama ini warna netral masih menjadi pilihan untuk tembok. Nah, bila ingin menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas, sebaiknya mulai sekarang ubah persepsi Anda. Jangan hanya terpaku pada warna netral.

"Menggunakan warna yang lebih terang pada plafon membuat ruangan terlihat lebih besar dari ukuran yang sebenarnya. Tema warna monokrom bisa memberikan harmonisasi yang bisa membuat ruangan terlihat menarik," ucap desainer interior Susan Octari Yawhan.

Susan mengatakan, pilihan warna adalah hal yang sangat penting. Untuk itu, sebaiknya pelajari dulu beberapa teori dasar tentang warna. Salah satu teori dasar yang harus diketahui adalah warna-warna dingin akan menjadi kalah ketika dipadukan dengan warna hangat. Warna-warna ini nantinya akan menciptakan sebuah sensasi visual dan mempunyai efek yang menenangkan untuk ruangan.

Persoalan yang harus dihadapi saat memilih warna selalu berkaitan dengan rasa. Jangan paksakan diri Anda untuk memilih warna gelap jika memang tidak suka. Mungkin warna ini bisa untuk melengkapi sisi dinding di bagian lain, seperti dapur atau ruangan yang jarang Anda gunakan. Agar warna hunian lebih atraktif, Anda bisa mengaplikasikan lebih dari dua warna pada satu ruangan.

Cat di satu sisi dinding dengan menggunakan warna yang lebih gelap. Dengan begitu, bayangan yang dramatis akan terpancar dan di sisi lainnya Anda bisa memberikan warna yang lebih cerah. Lewat cara ini Anda bisa menghadirkan sebuah permainan corak yang bagus pada ruangan dan ilusi visual di sisi ruangan. "Saat ingin memilih cat, lebih baik pertimbangkan jenisnya. Sebaiknya gunakan cat yang lebih glossy agar ruangan lebih terlihat cerah karena pantulan sinar matahari," kata Susan.

Sekarang Anda bisa bereksperimen dengan menggunakan berbagai material dan penentuan tahap penyelesaiannya untuk menentukan gaya apa yang paling Anda sukai. "Untuk pemilihan warna, jangan selalu berpatok pada warna netral saja, seperti putih dan beige. Sebab, lambat laun bisa menimbulkan kebosanan," tutur Susan. Selain warna, pencahayaan juga harus diperhatikan.

Pencahayaan dan sapuan warna netral pada dinding serta plafon adalah cara yang paling efisien dan tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya. Dengan cara yang sederhana ini Anda juga sudah bisa mengubah kesan ruangan menjadi lebih luas. Pencahayaan adalah hal yang paling utama dalam memberikan ilusi di ruangan Anda agar terlihat lebih luas.

 


Sumber: Okezone Property.

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel