157 Selasa, 09 Juli 2013 | 02:25:02

Ciptakan Ruang Ekstra yang Nyaman

ciptakan-ruang-ekstra-yang-nyaman

Ibarat sebuah pohon, rumah juga terus tumbuh. Bukan hanya mengikuti perkembangan gaya dan tren, tapi yang lebih esensial adalah ikut mengakomodasi kebutuhan penghuninya yang terus bertambah.

Bertambahnya jumlah anggota keluarga dan gaya hidup yang kian kompleks merupakan alasan terus meningkatnya kebutuhan ruangan. Jika hal ini yang terjadi, maka membuat ruang ekstra dalam rumah merupakan solusi yang brilian. Daripada membeli lahan baru, mengapa tidak melakukan sedikit "koreksi ruang"?

"Penambahan ruang terkadang memang diperlukan. Namun, yang harus diingat, jangan terlalu memaksakan ruangan. Idealnya bila ingin memiliki ruang ekstra, samakan terlebih dahulu kebutuhan di dalamnya dengan ukurannya," sebut arsitek Denni Indra.

Anda tidak perlu bingung dalam menentukan ruang mana yang hendak dikoreksi untuk membuat ruang tambahan. Extra roomdapat diciptakan dari ruangan yang sudah ada, atau sengaja membuat ruang baru di atas lahan kosong.

"Koridor, mezzanine, alcoveadalah opsi sempurna yang bisa menjadi pilihan sebagai ruang tambahan," ucap Denni. Jika Anda merasa repot mengutak-atik ruangan yang sudah ada, maka lahan kosong seperti teras dan ruang terbuka di belakang bisa menjadi pilihan untuk menciptakan ruang tambahan.

Anda bisa membuat semacam guest housemini yang bisa difungsikan sebagai ruang pribadi. Memiliki ruang tambahan, bukan hanya bisa mengakomodasi kebutuhan ruang yang terus meningkat. Di lain pihak, dari segi investasi properti, bertambahnya ruang akan meningkatkan nilai jual properti dalam jangka panjang.

"Ruang tambahan pada atap bisa dijadikan sebagai tempat yang sempurna. Misalnya sebagai ruang kerja yang lebih tersembunyi dan sangat privasi, mezzanine dapat dijadikan kamar tidur ekstra dan gudang," kata Denni.

Anda bisa menciptakan ruang ibadah yang nyaman, ruang kerja atau ruang makan secara semi terbuka yang terpisah dari bangunan utama adalah ide inspiratif sebagai ruang tambahan di belakang. Lewat penataan yang tepat, ruang tambahan pun bisa menjadi tempat yang sempurna. Menata interior ruang tambahan, bukan perkara mudah. Dengan dimensi terbatas, pemilihan furnitur dan penataan layout ruangannya harus tepat guna.

"Perhatikan furnitur utama yang paling dibutuhkan, misalnya untuk aplikasi kamar tidur yang paling utama adalah tempat tidur. Pilih tempat tidur dengan storage dan headboardless dan letakkan di sisi yang berlawanan dengan akses masuk," saran Denni.

 


Sumber: Okezone Property.

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel