218 Rabu, 03 Juli 2013 | 02:22:00

Cara Mudah & Hemat Ubah Tampilan Interior

cara-mudah-hemat-ubah-tampilan-interior

Pernah merasa bosan dengan tampilan interior Anda? Jika ya, sekaranglah saatnya untuk mengganti tampilannya agar terlihat semakin istimewa. Menata tampilan interior sebenarnya bisa Anda lakukan dengan mengubah tata letak perabotan rumah atau mengganti beberapa perabot lama dengan yang baru.

Mempercantik tampilan interior rumah tidak harus mengubah elemen bangunan, seperti dinding, plafon, atau lantai. Terkadang mendandani rumah tidak harus membuat rancangan anggaran tertentu, suasana di dalam rumah bisa diperbarui hanya dengan menukar letak sofa dengan lemari pembatas ruangan. Menukar posisi perabot bisa juga dilakukan dengan menggeser posisi tempat tidur atau mengotak-atik posisi di dapur.

"Jika memiliki anggaran lebih, Anda bisa mengganti kulit atau cover sofa dengan warna lain yang mewakili tema di dalam ruangan. Bisa juga dengan mengganti cat dinding atau mengganti perabot rumah yang lama dengan yang baru," kata arsitek Satrio Priandono. Bukan hanya menukar tempat dan mengganti warna cat rumah, Anda pun bisa bermain dengan soft furnishing.

"Soft furnishing adalah sentuhan elemen dekorasi yang ukurannya relatif tidak menyita ruangan atau tidak terlalu besar, tapi mampu mengubah suasana. Misalnya, dekorasi bantal kursi, tasel, vas bunga, lampu interior, dan pernakpernik kecil," kata Satrio.

Jika Anda menggunakan dekorasi soft furnishing tidak usah repot memasangnya, soft furnishing tak butuh biaya mahal. Sementara untuk di area dapur, Anda dapat mendekorasinya dengan menggunakan piring-piring model unik. Dekorasi yang diletakkan juga tidak perlu terlalu banyak.

"Adanya piring dekorasi di area dapur selain digunakan untuk keperluan sehari-hari juga bisa dipajang karena bentuknya yang unik. Pilihan lainnya yang lebih signifikan untuk mengubah interior rumah bisa dengan mengganti wallpaper," ujar Satrio Warna yang terang akan memberikan kesan bersih, lapang, dan luas.

Sementara warna gelap akan menimbulkan kesan elegan dan mewah. Namun, warna gelap sebaiknya dihindari untuk digoreskan di hunian yang kecil karena akan menimbulkan kesan sempit. Warna terang bisa Anda gunakan untuk ruang publik seperti ruang tamu dan ruang keluarga.

"Pemilihan warna putih akan memberikan kesan luas, terang, dan bersih. Hindari perabotan yang juga berwarna putih karena akan terlihat monoton. Sebaiknya letakkan beberapa perabot berwarna mencolok sebagai focal point atau sebagai elemen pembuat efek kejutan pada ruangan tersebut," ungkap Satrio.

Mempercantik ruangan berukuran kecil membutuhkan perencanaan yang matang, kreativitas, dan imajinasi yang bagus. Penempatan furnitur di dalam ruangan yang mungil haruslah yang sesuai dengan ruangan. Jadi, jangan menempatkan perabotan yang besar dan berwarna gelap. Maksimalkan ruangan hanya dengan sofa panjang tunggal dengan dikombinasikan dengan kursi besi. Pastikan perabot tersebut tidak dekat dengan pintu agar pintu tidak terhalang ketika pintu dibuka dan ditutup.

 


Sumber: Okezone Property.

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel