249 Jum'at, 05 Juli 2013 | 02:10:16

Cara Jitu Memanfaatkan Lahan Sempit

cara-jitu-memanfaatkan-lahan-sempit

Lahan sempit bukanlah alasan untuk tidak menciptakan hunian yang nyaman. Penataan furnitur dan lay out yang pas bisa membuat hunian mungil terasa nyaman dan lapang. Menyiasati hunian dengan lahan terbatas sebenarnya bukanlah hal sulit.

Anda bisa memulainya dengan membuat perencanaan lay out ruangan yang baik. Jika bangunan dianggap sudah tidak bisa dikembangkan secara horizontal, sebaiknya jangan dipaksakan lagi untuk menambah ruangan baru.

Nah, bila memang terpaksa menambah ruangan, sebaiknya kembangkan bangunan secara vertikal. Agar tak terasa sumpek, sebaiknya sisakan ruang terbuka hijau yang cukup.

"Ruang terbuka hijau memang berperan penting untuk kenyamanan penghuni rumah. Misalkan, di lahan seluas 184 meter persegi (m2), sebaiknya bangunan dibagi menjadi dua lantai. Lantai satu 63,7 meter persegi dan lantai dua 65,7 meter persegi. Keuntungannya, penghuni rumah memiliki lahan sisa yang bisa dijadikan area hijau yang lebih luas," kata arsitek Denny Indra.

Taman kecil di area depan bisa menghidupkan tampilan fasad dengan vegetasi yang sangat cukup. Walau area taman yang tersedia tidak terlalu luas, kebutuhan privasinya tidak terlupakan karena tidak banyak bukaan di fasad bagian lantai bawah. Bukaan lebar hanya diaplikasikan di lantai atas, tepatnya di kamar tidur.

 


Sumber: Okezone Property.

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel