205 Jum'at, 12 Juli 2013 | 02:02:58

Merancang Ruang Kerja yang Nyaman di Rumah

merancang-ruang-kerja-yang-nyaman-di-rumah

Beban kerja yang semakin besar sering kali membuat Anda membawa pekerjaan ke rumah. Bagi Anda yang bekerja mandiri di rumah, pastinya memerlukan sebuah ruang kerja. Supaya mengerjakan pekerjaan di rumah menjadi menyenangkan, tidak ada salahnya jika Anda menyediakan sebuah ruang khusus untuk bekerja.

"Tren ruang kerja saat ini memang sudah banyak mengalami perubahan. Dulu, desainnya terfokus pada penataan meja dan kursi yang diletakkan pada sudut ruangan. Sekarang, tren tersebut berkembang. Ruang kerja bukan lagi tempat untuk menulis," kata arsitek Denny Stiawan. Selain meja dan kursi kerja, sebuah ruang kerja juga butuh perlengkapan yang menunjang pekerjaan Anda.

Furnitur pertama yang harus ada adalah meja kerja, kursi kerja, lemari atau filling cabinet, komputer, telepon, dan mesin faks. "Kita bisa memilih perabot yang menarik, jadi jangan terpaku memilih perabotan kantor yang standar untuk menghindari kebosanan. Pilih yang benar-benar sesuai dengan karakter pribadi si empunya rumah. Hal yang tak kalah pentingnya lagi adalah unsur pencahayaan," kata Denny.

Unsur lain yang tak kalah penting adalah soal pencahayaan. Untuk itu, pemilihan lampu untuk ruang ini juga harus dipertimbangkan. Anda juga bisa memilih lampu yang bentuknya lebih dekoratif. "Pemilihan cahaya bisa menggunakan lampu gantung atau lampu meja sebagai penerangan saat membaca," kata Denny.

Dia menambahkan, membuat ruang kerja yang nyaman tidak harus terpaku pada luas atau tidaknya ruangan. Hal yang penting, ruangan tersebut bisa memfasilitasi kegiatan yang ada di dalamnya. Ruang 3 x 3 m atau 3 x 2 m sudah cukup untuk sebuah ruang kerja.

Jika ruangan terbatas, Anda bisa juga memanfaatkan ruangan yang sudah ada, misalnya kamar atau garasi jika memang masih ada sisa ruang. Bila Anda masih memiliki lahan, sebaiknya letak ruang dibedakan atau tidak digabungkan dengan ruang lainnya.

Dengan begitu, kegiatan bekerja Anda pun tidak terganggu dengan aktivitas rumah lainnya. Memang, bekerja di rumah tidak sama seperti di kantor. Hanya, Anda tetap harus tertib dalam mengatur ruang dan berkas. Interior ruang kerja seperti apa yang Anda inginkan adalah hak Anda sebagai sang pemilik rumah untuk mendekorasinya. Anda bisa memilih warna favorit untuk menambah semangat kerja. Pajang juga foto dan pajangan favorit untuk memberi sentuhan pribadi di ruangan tersebut.

"Untuk warna, lazimnya ruang kerja menggunakan warna terang, seperti merah, pink, atau yang natural seperti putih," tutur Denny. Dengan sedikit berkreasi, suasana kerja yang menegangkan bisa menjadi menyenangkan.

 


Sumber: Okezone Property.

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel