198 Selasa, 09 Juli 2013 | 02:00:10

Permainan Cahaya & Bayangan Hasilkan Taman Cantik

permainan-cahaya-bayangan-hasilkan-taman-cantik

Menciptakan suasana atraktif di area outdoor ternyata bisa dilakukan dengan cara sederhana. Tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk bisa menghadirkan benda yang mampu memberi kesan dinamis. Pantulan cahaya dan bayangan pun bisa membentuk pola cantik nan atraktif.

Area luar atau taman memang menjadi tempat yang bisa Anda eksplorasi lebih dalam. Matahari sebagai sumber cahaya bisa Anda kombinasikan dengan ragam pola cantik yang terpapar pada bidang-bidang luas di sekitarnya. Perpaduan keduanya mampu menciptakan atmosfer ruang di area outdoor agar tampil lebih atraktif.

"Dalam menciptakan efek cahaya dan bayangan, kita tidak hanya melihat estetika objek yang menjadi sorotan, tapi juga pola sinar dan bayangan. Jika beberapa elemen pendukung tersebut sudah terpenuhi, hasil bayangan yang didapat pun akan terlihat baik," kata arsitek lanskap Herlin Wibowo.

Terbentuknya pola yang terpapar di bidang luas, seperti pada dinding dan lantai, dihasilkan dari objek yang menghalangi sinar matahari. Pola bayangan dan sinarnya ditentukan oleh bentuk penghalang.

"Polanya itu sama seperti kita membuat atap kanopi. Material yang digunakan bisa dari kayu, besi, atau anyaman bambu, bergantung tema taman. Intinya, material dan finishing bukan lagi bagian penting untuk diekspos," kata Herlin. Jika tipikal teras taman itu teduh, maka efek cahaya yang akan terlihat sangatlah kuat. Namun, jika teras taman banyak mendapatkan pencahayaan, efek bayangan yang dihasilkan pun akan kuat.

"Sebaiknya gunakan warna terang untuk furnitur, penutup lantai, dan dinding untuk memunculkan efek bayangan yang sempurna. Gunakan warna sedikit gelap untuk menguatkan efek cahayanya," saran Herlin.

Bila Anda ingin membuat pola-pola menarik, dibutuhkan objek penghadang cahaya, seperti elemen arsitektural atau yang memang sengaja dibuat untuk efek ini. Objek-objek ini biasanya elemen outdoor yang berfungsi menaungi, tapi tidak secara sempurna. Misalnya elemen overhead atau yang berada di atas kepala berupa kanopi, louvre roof, dan atap pergola.

Selain elemen peneduh, efek cahaya dan bayangan juga dapat dihasilkan melalui elemen vertikal, seperti dinding, kisi-kisi sun shading, deretan pilar, dan elemen yang sesuai dengan tema taman. Material yang dipilih bisa menggunakan kayu tahan cuaca, aluminium, cutting metal, bata merah, bambu, dan sebagainya. Bagian terakhir adalah pemasangan. Ada baiknya Anda harus mengetahui dahulu posisi bangunannya, apakah terkena sinar matahari dengan baik atau tidak.

"Biasanya rumah yang berorientasi ke arah timur dan barat bisa memaksimalkan efek bayangan, terlebih jika di sekitar objek tidak ada penghalang, seperti bangunan atau pohon tinggi," ujar Herlin. Objek dibuat horisontal seperti kanopi, louvre roof, dan pergola akan memunculkan pola bayangan yang sempurna.

Sebaliknya, objek yang berorientasi vertikal seperti dinding dan kisi-kisi sun shading, akan memunculkan bayangan sempurna di matahari pagi dan sore.

 


Sumber: Okezone Property.

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel