140 Jum'at, 05 September 2014 | 05:08:33

Tips Menyimpan Foto

tips-menyimpan-fotopoeticonnie.tumblr

Mungkin selama ini Anda menyimpan foto di banyak tempat, seperti di komputer, laptop, flash disk,eksternal hardisk atau malah di kartu memori yang ada di kamera. Sayang bila dokumentasi dari momen-momen penting tersebut bertebaran di mana-mana. Dan ketika Anda membutuhkan, foto-foto tersebut terselip dan sulit ditemukan. Yuk kita kumpulkan foto-foto koleksi Anda dan disimpan dalam satu tempat!

Menyimpan Foto di Hardisk

Anda bisa menyimpan foto-foto di internal atau eksternal hardisk. Langkah pertama yaitu buat folder "Tahun". Di dalam folder tahun, Anda dapat membuat sub folder bulan. Agar berurutan, nama folder diberi nomor. Contohnya 1. Januari, 2. Februari dan seterusnya. Selanjutnya masukkan koleksi foto sesuai dengan bulan Anda mengambilnya.

Untuk foto lama, Anda tetap bisa mengurutkan per tahun, bulan, bahkan tanggal pemotretan. Bila Anda tidak ingat, Anda bisa melihat meta data yang tersimpan dalam file digital tersebut.

Edit  & Pindahkan

Era foto digital membuat kita "membabi buta" menekan tombol kamera. Maklum, biaya fotografi saat ini sangat murah ketimbang zaman foto film. Ini yang membuat banyak foto "sampah" yang tersimpan di hardisk akhirnya membuat kapasitas jadi sesak. Itulah perlunya perlunya menyortir foto. Hapus foto-foto yang secara kualitas gambar tidak bagus, tidak fokus, goyang dll atau foto yang menunjukkan momen sama.

Edit foto-foto pilihan Anda agar tampilan lebih sempurna. Simpan dalam dua versi, resolusi tinggi untuk Anda cetak dan resolusi rendah untuk keperluan jika Anda ingin mengupload di sosial media. Simpan dalam folder "Print" dan "Share".

Cetak !

Sekarang foto Anda telah tersusun rapi. Karena Anda tidak selalu hidup di komputer, ada baiknya cetak foto-foto pilihan Anda dan simpan dalam album.

Back Up

Jangan lupa mem-back up secara rutin foto-foto ke dalam media penyimpanan lain, misalnya DVD/CD agar saat hardisk bermasalah, foto-foto berharga Anda masih bisa diselamatkan.

 

 

Sumber: tabloidnova

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel