6262 Sabtu, 30 Agustus 2014 | 02:27:27

Cara Menyimpan Roti Agar Tidak Berjamur

cara-menyimpan-roti-agar-tidak-berjamurnyata

Tips menyimpan roti supaya awet dan tetap empuk saat dimakan dapat dilakukan dengan beragam cara. Sifat roti yang tidak dapat bertahan lama dan cepat keras, menyebabkan Anda harus menyimpannya dengan trik khusus. Bagaimana cara menyimpan roti yang aman dan sehat? Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Simpan dalam kotak khusus roti

Beberapa jenis roti, seperti roti tawar, roti untuk soup, roti hamburger, serta roti manis bisa disimpan dalam kotak khusus roti selama 1-3 hari. Uniknya, terdapat tombol kalender pada kotak roti yang dapat diatur dan berfungsi sebagai pengingat berapa lama Anda menyimpan roti.

Simpan dalam lemari es

Roti tawar atau roti yang memiliki remah kasar, seperti whole wheat atau rye bread perlu dibungkus plastik kedap udara atau alumunium foil sebelum disimpan dalam lemari es. Roti akan tahan selama 4-7 minggu. Jika ingin dimakan, buka bungkus roti, percikan sedikit air, setelah itu panggang dalam oven bersuhu 180-200 derajat Celcius selama beberapa menit.

Simpan roti dalam freezer

Kesegaran dan cita rasa roti juga akan bertahan bila disimpan dalam freezer dengan suhu minus 18-25 derajat Celcius. Lapisi roti dengan plastik foil atau plastik gulung sebelum dimasukkan ke freezer. Hangatkan roti dahulu sebelum dimakan dan jangan lupa mencatat tanggal penyimpanannya untuk menghindari kadaluwarsa.

Jangan terburu-buru membuka roti

Kantong pembungkus roti berguna untuk menjaga kesegaran dan kelembaban roti sehingga tetap empuk dan tidak kering. Jadi, jika Anda belum ingin menikmati roti, sebaiknya jangan membukanya. Kecuali bila Anda sudah membuka kantong pembungkus, ikat kantong pembungkus dan pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalam kantong.

"Keringat" pada roti yang timbul saat udara panas bisa membuat tumbuhnya jamur. Jadi jika Anda membuat roti atau kue sendiri, pastikan roti atau kue tersebut dalam keadaan dingin sebelum membungkusnya.

 

 

Sumber: sharonbakery

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel