210 Sabtu, 16 Agustus 2014 | 01:39:53

Tips Menyimpan Sayuran Hijau

tips-menyimpan-sayuran-hijaubethenny

Sering mengalami sayuran yang Anda simpan menjadi busuk, layu, atau tidak hijau lagi? Hal tersebut pastilah sangat menyusahkan Anda. Apalagi jika Anda ingin memasak makanan tertentu namun sayuran yang sudah disiapkan pada hari sebelumnya busuk atau layu. Jangan kuatir! Yuk simak beberapa tips dalam menyimpan sayuran hijau agar tetap segar dan sehat saat hendak digunakan.

Pisahkan penyimpanan sayuran

Hindari menempatkan sayuran Anda dengan bahan makanan lainnya. Terutama bahan makanan yang bisa menimbulkan bau, perubahan warna, berair, dan sebagainya.  Hal ini bermanfaat untuk menjaga sayuran Anda tidak terkontaminasi dengan unsur bahan makanan lainnya, meskipun meletakannya berjauhan.

Bersihkan sayuran dengan air dingin

Guna menjaga daun atau batang sayuran Anda tetap dalam kondisi yang segar, pastikan Anda mencuci seluruh sayuran hijau Anda dengan air dingin. 

Simpan dalam wadah/plastik kedap udara

Untuk menjaga kesegaran sayuran, masukan seluruh sayuran hijau ke dalam wadah/plastik kedap udara. Selain menjaga kesegarannya, hal ini berguna untuk mencegah kontaminasi bahan makanan/minuman dengan sayuran hijau.

Pilih sayuran yang benar-benar segar

Kesalahan memilih sayuran merupakan awal mula terjadinya busuk atau bahkan kontaminasi sayuran. Pastikan teliti membeli sayuran dengan benar, tidak cacat, berubah warna, dan lain sebagainya.

Membawa sayuran dengan benar

Setelah berbelanja sering kali sayuran dimasukan dan disimpan dengan tidak benar. Bawalah satu kantung plastik transparan yang besar, lalu ikatlah hingga membentuk udara didalam nya untuk mencegah sayuran tidak berkeringat. Hindari agar sayuran Anda terkena kontak langsung sinar matahari atau membiarkannya terlalu lama di dalam kantung belanjaan.

 

 

Sumber: livingwell

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel