217 Jum'at, 15 Agustus 2014 | 03:45:29

Tips Menyimpan Kamera Saat Tak Digunakan

tips-menyimpan-kamera-saat-tak-digunakanbattlegroundbuzz

Kita perlu untuk menyimpan kamera digital dengan benar dan aman bila berencana pergi berhari-hari tanpa membawanya. Bila tidak maka dapat mengakibatkan kerusakan pada kamera. Mau tahu cara yang baik untuk menyimpan kamera digital? Yuk kita simak tips-tips menyimpan kamera digital dengan aman!

Hindari peralatan elektronik

Saat menyimpan kamera digital, jangan letakkan kamera di dekat barang elektronik yang menghasilkan medan magnet. Dampak medan magnet yang kuat bisa merusak LCD kamera atau komponen elektronik lainnya.

Hindari suhu ekstrim

Pastikan menyimpan kamera di tempat yang tidak mengalami perubahan suhu yang ekstrem. Suhu panas dapat merusak badan kamera, sedangkan suhu dingin bisa merusak LCD kamera.

Hindari kelembaban tinggi

Menyimpan kamera di tempat yang sangat lembab bisa mengakibatkan kondensasi di dalam lensa sehingga dapat merusak foto dan bagian internal kamera. Selain itu, dapat menimbulkan jamur di dalam kamera.

Hindari sinar matahari

Hindari menyimpan kamera di tempat dengan sinar matahari yang panas dalam waktu yang lama. Sinar dan panas matahari langsung bisa merusak badan kamera.

Bila Anda tidak akan menggunakan kamera digital lebih dari satu bulan, ada baiknya melakukan tips-tips tambahan dalam menyimpan kamera digital dengan baik.

Yang pertama yaitu lindungi kamera. Bila perlu, pertimbangkan untuk menempatkan kamera dalam dry box dengan penyerap kelembaban atau silica gel guna memberikan perlindungan tambahan.

Yang kedua, lepas komponen. Keluarkan baterai dan kartu memori dari kamera bila tidak akan menggunakannya dalam waktu lebih dari satu bulan. Selain itu, sebaiknya lepas lensa dan menutupnya dengan lens cap.

Selanjutnya adalah nyalakan kamera. Beberapa produsen menyarankan untuk menyalakan kamera sebulan sekali guna menjaga komponen elektronik di dalam kamera tetap segar.

 

 

Sumber: digifotografi.wordpress

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel