398 Sabtu, 09 Agustus 2014 | 08:33:06

Cara Praktis Packing Untuk Liburan Keluarga

cara-praktis-packing-untuk-liburan-keluargaTumblr

Memang sih, musim liburan baru saja lewat. Namun, tidak ada salahnya mempersiapkan diri dan keluarga untuk liburan selanjutnya di akhir tahun nanti. Nah, salah satu dari yang paling penting dalam merencakan liburan adalah berkemas alias packing. Apalagi jika destinasinya jauh, temponya lama, dan tempat wisata yang dikunjungi beragam.

Sebelum anda pusing memikirkan apa saja yang harus dibawa dan bagaimana mengatur isi koper anda agar tetap rapi, yuk, kita simak tips yang telah dirangkum oleh Peluang Properti berikut ini!

Where and What: Kemana dan Apa yang harus dibawa?
Sebelum anda mulai berkemas, anda harus tahu kemana anda akan pergi. Dengan mengetahui destinasi liburan anda, anda akan tahu apa saja yang harus anda bawa. Carilah informasi yang lengkap mulai dari tempat wisata yang ada sampai ke kondisi cuaca untuk menghindari “sal-tum” atau salah kostum.

Setelah destinasi anda sudah pasti, mulailah menulis daftar perlengkapan yang harus anda siapkan. Sesuaikanlah barang bawaan anda dengan tempat tujuan wisata, lamanya anda liburan, dan kondisi cuaca di tempat liburan tujuan anda. Usahakan agar tidak membawa baju terlalu banyak untuk menghindari koper yang overweight, namun juga jangan sampai anda kekurangan baju. Agar aman, bawalah 3 set baju untuk pemakaian sehari, dan kalikan dengan jumlah hari liburan anda.

Which: Koper mana yang harus dipakai?
Nah, sebelum anda mulai mengumpulkan barang-barang anda dan menentukan berapa lama anda akan berlibur bersama keluarga, pastikan anda memiliki koper yang besarnya cukup dengan kondisi yang baik. Umumnya, setiap koper dapat bertahan hingga sekitar 10 tahun. Periksa terlebih dahulu bagian roda, resleting, sampai daya tahan material koper anda.

Ada yang bilang bahwa semakin besar koper yang dibawa, semakin banyak barang yang akan dimasukkan. Inilah mengapa anda perlu memilih besar koper yang benar-benar sesuai dengan barang dan tujuan wisata anda. Jika anda membawa barang tidak terlalu banyak namun berencana untuk membawa oleh-oleh atau belanja di tempat wisata, tidak salahnya membawa koper yang besar. Namun jika tujuan wisata anda lebih ke alam, lebih baik anda membawa koper dengan ukuran yang tidak terlalu besar, dan membawa ransel yang dapat anda bawa kemana-mana.

Jumlah koper tidak harus selalu sama dengan jumlah anggota keluarga anda. Jjika anda memiliki koper dengan ukuran yang cukup besar dan kondisinya masih bagus, anda dapat menggabungkan keperluan dan barang bawaan dua anggota keluarga sekaligus di dalam 1 koper. Selain bagasi akan lebih hemat, anda jadi tidak usah takut barang anda tercecer dimana-mana.

How: Bagaimana menyusun koper yang baik?
Setelah anda memastikan tujuan wisata anda, tahu apa saja yang anda harus bawa, dan sudah memilih jenis koper yang sesuai, sekarang anda telah sampai ke tahap menyusun koper yang benar dan tepat agar koper yang tersedia

dapat menampung barang-barang yang sudah anda pilih.
Yang pertama adalah dengan menggulung pakaian anda agar tidak memakan tempat. Tenang saja, pakaian anda akan tetap rapi dan tidak akan kusut dengan cara digulung, ketimbang melipatnya kecil-kecil.

Yang kedua, untuk peralatan mandi, satukan dan simpan di tas kecil dengan bahan plastic yang anti air sehingga jika tumpah atau bocor, tidak akan membasahi isi koper anda. Untuk shampoo dan sabun, pilihlah kemasan kecil yang memang dikhususkan untuk trip untuk menghemat ruangan.

Yang ketiga, untuk perlengkapan yang kecil seperti pakaian dalam, obat-obatan, kaus kaki, charger, ataupun kosmetik, anda dapat langsung menggunakan laci-laci kecil yang biasanya tersedia di tiap sisi koper atau ke rongga-rongga yang kosong setelah keperluan utama seperti pakaian telah masuk.

Yang keempat, bawalah ransel atau tas yang selalu anda bawa kemana-mana dengan isi: kantong plastic, karet gelang, selotip, dan pensil atau pulpen. Suatu saat jika anda memerlukan salah satu dari barang-barang tersebut, anda tidak perlu repot-repot merogoh ke dalam koper untuk mengambilnya.

Yang terakhir, ikatlah segala perlengkapan anda setelah packing selesai. Biasanya tiap koper memiliki tali pengait khusus seperti seat belt pada mobil untuk menjaga agar barang-barang yang ada di dalam koper tidak berantakan biarpun kopernya berpindah-pindah posisi. Untuk lebih amannya, gunakan tali atau plastic-wrap yang tersedia di bandara untuk menjaga isi koper anda tetap rapih sampai di tujuan.

Bagaimana, ternyata packing tidak repot dan mudah sekali kan? Jangan lupa sediakan s=beberapa ruang kosong di koper anda untuk oleh-oleh dan belanjaan anda. Semoga liburan anda berikutnya menyenangkan!

 

Sumber: Pegipegi

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel