486 Sabtu, 05 Juli 2014 | 10:29:09

Simpan 5 Dokumen Penting!

simpan-5-dokumen-pentingMarie Leslie

Mungkin merapikan pakaian sudah menjadi hal yang sering anda lakukan. Namun bagaimana dengan surat dan dokumen? Beberapa orang sering melupakan bagian ini karena sibuk, atau justru sengaja membiarkannya berantakan karena malas merapikan. Daripada anda kerepotan mencari dokumen-dokumen penting saat diperlukan nantinya, sebaiknya rapikan dan pisahkan surat-surat yang memang harus disimpan dan buang segera kertas-kertas yang tidak penting.

Jill Pollack, seorang ahli organisir memberikan saran lima jenis dokumen yang harus anda simpan dengan baik. Yuk, kita simak tips dari Pollack berikut ini!

Surat pemerintah atau surat resmi
Yang termasuk jenis ini adalah akte kelahiran, paspor, surat nikah, surat wasiat, KTP dan SIM. Simpan baik-baik dokumen ini, karena jika hilang, untuk mengurusnya kembali akan sulit dan memakan waktu serta biaya yang tidak sebentar dan sedikt. Sebaiknya satukan di map dan simpan dalam brankas.

Surat kepemilikan
Yang termasuk jenis ini adalah surat kepemilikan barang seperti kendaraan, rumah atau emas. Anda harus menjaga dan menyimpan dengan baik surat-surat ini karena tanpa surat tersebut, bukti anda sebagai pemilik akan hilang. Pollack menyarankan agar menyimpan dokumen-dokumen ini dalam folder berbeda dan mengaturnya berdasarkan warna. Misalnya, dokumen mobil di folder kuning, rumah di folder merah, dan seterusnya. Anda juga dapat menggunakan kotak bening yang sudah diberi label warna agar mudah dikenali.

Catatan dana pensiun dan investasi
Catatan dana pensiun harus disimpan selama Anda hidup sampai nantinya ahli waris anda menerimanya. Sementara catatan investasi harus disimpan selama anda masih memiliki investasi tersebut. Pollack mengatakan ada baiknya menyimpan copy kepemilikan investasi sampai 7 tahun setelah anda menjualnya sebagai catatan untung-rugi anda.

Bukti pajak
Simpanlah bukti pajak anda sampai paling tidak 7 tahun setelah anda membayarnya, simpan juga dokumen yang mendukung bukti anda telah membayar pajak. Lembaga pajak mungkin saja melakukan pemeriksaan jika diperlukan dan bila anda masih memegang buktinya, tentunya masalah yang mungkin terjadi dapat terminimalisir.

Kartu Garansi, Struk Belanja, dan Polis Asuransi
Untuk kenyamanan, selalu simpan struk belanja bersama garansi dari barang-barang yang dibeli, agar ketika rusak anda dapat segera memperbaikinya. Simpanlah di dalam satu folder yang telah diberi label tertulis yang berisi struk dan garansi yang anda miliki.

Satu hal lain yang penting selain menyimpan dengan rapi dokumen tersebut adalah lokasi penyimpanannya. Letakkanlah di tempat yang mudah dijangkau karena jika berada di tempat yang strategis dan terjangkau, anda dapat selalu memperhatikan kerapiannya dan ingat lokasinya.

 

Sumber: Wollipop

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel