833 Selasa, 01 Juli 2014 | 12:40:13

Tips Simpan Bumbu Dapur agar Awet

tips-simpan-bumbu-dapur-agar-awetBakery and Snacks

Umumnya, bahan-bahan dapur seperti bumbu dan bahan makanan lainnya merupakan bahan alami yang memiliki keterbasan dalam kualitas untuk jangka waktu yang panjang. Itulah mengapa jika penyimpanannya tidak benar, bahan-bahan dapur tersebut akan mudah layu dan busuk.

Menyimpannya di kulkas tidak menjamin bahan-bahan tersebut dapat lebih awet atau tahan lama. Untuk beberapa jenis bahan dapur tertentu, penyimpanan di kulkas hanya akan mempercepat proses pembusukan. Sifat bahan-bahan dapur yang berbeda tentunya memerlukan strategi penyimpanan yang berbeda pula.

Beberapa yang tidak boleh disimpan di kulkas antara lain tomat, kemangi, bawang, alpukat, dan kentang. Namun, beberapa jenis bahan dapur lainnya boleh disimpan dikulkas, asal menggunakan cara penyimpanan yang tepat. Yuk, kita simak ulasannya berikut ini!

 

Bungkus daun dengan plastic

Untuk sayur-sayuran berwarna hijau, anda dapat menyimpannya dengan cara mengikatnya seperti buket bunga agar rapi, lalu bungkus dengan plastik dan ikat yang kencang menggunakan karet. Dengan begini, sayuran hijau anda tidak akan mudah layu dan tetap segar.

 

Simpan daun bawang dalam botol plastic

Daun bawang harus tetap kering agar dapat awet dan terhindar dari pembusukkan untuk jangka waktu yang lumayan panjang. Suhu dapur yang panas dan kulkas yang dingin sama-sama akan menyebabkan meningkatnya kelembaban. Untuk menyiasatinya, iris daun bawang sesuai selera dan kebutuhan anda, lalu simpan di dalam botol plastik. Pastikan baik daun bawang maupun botol plastik dalam keadaan kering sebelum disimpan.

 

Jauhkan kentang dan bawang

Jauhkan tempat penyimpanan kentang dan bawang, karena bawang memiliki bau yang menyengat dan kentang bersifat menyerap. Simpan keduanya di dalam tempat yang berbeda-beda. Letakkan ditempat yang sejuk dan kering sehingga bawang bisa tahan hingga 2-3 bulan.

 

Dekatkan tempat penyimpanan kentang dan apel

Aroma apel yang segar akan membuat jamur enggan tumbuh. Untuk menghindari tumbuhnya tunas jamur di kentang, anda dapat menyimpannya berdekatan dengan tempat anda menyimpan apel. Dengan begini, kentang-kentang yang anda punya akan lebih segar dan siap pakai.

 

Pisahkan apel yang busuk dengan apel lainnya

Jika salah satu dari apel yang anda simpan mulai busuk, segera singkirkan dan jauhkan dari apel yang lain. Karena jika tidak, buah apel lainnya yang masih segar dapat “tertular” dan ikut busuk. Sebelum anda letakkan di dalam kulkas, sebaiknya anda cuci dulu apel anda hingga bersih, lalu baru disimpan.

 

Bungkus pisang dalam plastic

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang proses matangnya sangat cepat, dan ini semua dipengaruhi oleh udara dan suhu sekitar. Untuk membuatnya lebih awet hingga 3-5 hari, anda dapat membungkusnya menggunakan plastik.

 

Hindari keju yang kering dengan mentega

Saat keju disimpan di dalam kulkas, permukaan yang terkena udara kulkas langsung biasanya akan mengering. Untuk menghindari hal ini terjadi, anda dapat mengoleskan sedikit mentega ke keju agar tingkat kelembabannya tetap terjaga.

 

Itulah cara tepat untuk menyimpan bahan-bahan dapur anda agar tetap awet. Sebagai tambahan. Jangan lupa juga untuk sering membersihkan kulkas karena kulkas yang kotor dapat membuat kualitas bahan dapur yang disimpan menurun.

 

Sumber: Ciri Cara

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel