488 Senin, 30 Juni 2014 | 11:26:27

Cara Simpan Vitamin dan Suplemen yang Benar

cara-simpan-vitamin-dan-suplemen-yang-benarGoogle Image

Sama halnya seperti obat-obatan, vitamin dan suplemen juga tidak boleh disimpan di sembarang tempat. Karena umumnya dikonsumsi secara langsung, faktor-faktor penting seperti suhu udara dan kebersihan harus sangat diperhatikan. Berikut tips menyimpan vitamin dan suplemen yang telah Peluang Properti rangkum untuk anda. Yuk, disimak!

Jangan simpan di kulkas
Banyak kesalahpahaman yang terjadi tentang tata cara penyimpanan obat, vitamin, dan suplemen yang benar, salah satunya adalah penyimpanannya di dalam kulkas. Karena harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering, penyimpanan vitamin dan suplemen di dalam kulkas merupakan kesalahan fatal karena biarpun sejuk, suhu dingin kulkas dapat membentuk uap air yang menjadikan isi kemasan lembab. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas dan efetivitas vitamin maupun suplemen. Kecuali dikemasannya tertulis rujukan untuk disimpan di dalam kulkas, lebih baik penyimpanan di dalam kulkas dihindari.

Hindari penyimpanan di kamar mandi
Suhu kamar mandi yang panas dan lembab setiap harinya sangat tidak cocok untuk menyimpan obat-obatan anda, bahkan jika anda memiliki lemari obat di kamar mandi sekalipun.

Jangan simpan di dapur
Suhu di dapur cenderung naik-turun karena penggunaan kompor, rice cooker, maupun oven sehari-hari. Suhu inilah yang menyebabkan dapur menjadi tempat yang tidak baik untuk menyimpan suplemen dan vitamin anda.

Simpan di tempat yang kering dan tinggi
Simpanlah suplemen dan vitamin anda di tempat yang kering, jauh dari sumber air seperti kran, dan jauh dari terpaan sinar matahari. Meskipun baik untuk dikonsumsi, namun pengunaan dalam dosis berlebihan dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, simpanlah di tempat yang tinggi dan jauh dari jangkauan anak-anak. Hindari menyimpan di lemari atau rak yang dekat dengan jendela dimana suhu dapat bertambah. Suplemen gizi memang baik dikonsumsi, tapi juga berpotensi beracun bila dikonsumsi dalam dosis tinggi.

Biarkan di wadah asli
Vitamin dan suplemen masing-masing telah ditempatkan di wadah khusus karena alasan tertentu, yang salah satunya adalah untuk menjaga kandungan zat didalamnya. Selain untuk menjaga keefektifan zat yang dikandung, hal ini juga untuk menghindari tidak sterilnya obat-obatan saat dipindahkan. Untuk itu, biarkan vitamin tetap di wadah aslinya, tidak usah dipindahkan ke tempat lain, apalagi digabungkan dengan vitamin jenis lainnya.


Sumber: Reader’s Digest

 

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel