449 Jum'at, 27 Juni 2014 | 02:37:40

Cara Mudah Simpan Koleksi Komik Anda

cara-mudah-simpan-koleksi-komik-andaFlickr

Komik ternyata tidak hanya digemari oleh anak-anak dan remaja saja, banyak juga loh, orang dewasa yang menjadi kolektor komik. Jika anda salah satu kolektor komik dan koleksi komik anda sudah mulai menggunung, pastinya anda memiliki kesulitan untuk menyimpannya, kan? Jangan khawatir, Peluang Properti telah merangkum bagaimana cara menyimpan koleksi komik anda dengan benar agar koleksi berharga anda tidak mudah rusak. Berikut ulasannya.

Kebersihan tangan
Pastikan kebersihan tangan anda terjaga sebelum anda memegang koleksi komik anda. Lakukan ini dengan mencuci tangan anda terlebih dahulu dengan minyak sabun untuk menghindari menempelnya noda-noda, kotoran, maupun minyak di kertas komik anda.

Sampul plastik
Tahukah anda kalau ternyata kertas komik dibuat dari bahan yang rapuh dan mudah robek dan rusak? Untuk menjaga komik dari kotoran dan dari kerusakan yang diakibatkan karena umur, bungkuslah sampul komik anda dengan sampul plastik. Cara ini membantu agar sampul tidak mudah kotor dan rusak karena lingkungan sekitar.

Gunkaan bookend
Agar koleksi komik anda tetap rapih dan pinggirannya tidak mudah rusak saat disimpan, gunakanlah bookend, atau penyangga buku. Hal ini untuk mencegah tumpukan koleksi komik anda jatuh dari rak dan rusak. Jenis-jenis tampilan bookend yang makin beragam juga dapat disesuaikan dengan genre komik yang anda sedang koleksi.

Suhu ruangan
Agar komik tetap awet, simpanlah komik di suhu ruangan yang sejuk, yaitu sekitar 21 derajat celcius. Hal ini untuk menghindari rusaknya komik, lembaran halaman, maupun tinta cetaknya rusak karena kelembaban. Untuk lebih mudah lagi, simpanlah komik pada tempat penyimpanan yang telah diberikan silikon penyerap air.

Teknik penyusunan
Agar anda dapat dengan mudah mencari komik amana yang ingin anda baca, gunakan teknik penyusunan menurut abjad, serial, atau genre. Dengan begini, koleksi komik anda tidak akan mudah berantakan dan tidak terlalu sering berpindah-pindah tempat .

Pemeriksaan Rutin
Periksalah koleksi komik anda secara rutin, karena dengan begini anda jadi lebih tau bagaimana keadaan koleksi komik kesayangan anda, mana yang harus segera diperbaiki, mana yang bagus. Selain itum anda juga dapat lebih sering membersihkan debu-debu yang sangat mudah menempel pada pinggiran komik anda. Selain bersih, keawetan komik pun dapat tetap terjaga.


Sumber: Dreamers Radio

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel