729 Jum'at, 20 Juni 2014 | 01:05:34

Cara Simpan Kue Kering Sampai Lebaran

cara-simpan-kue-kering-sampai-lebaranTumblr

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa. Pastinya banyak dari anda yang sudah mempersiapkan diri untuk membuat kue-kue kering untuk suguhan lebaran nanti. Kue kering jenisnya sangat beragam, kadang satu jenis saja peminatnya banyak! Jadi tentu saja satu toples tidak cukup untuk menyimpannya.

Hati-hati loh, dengan cara penyimpanan yang salah, bisa-bisa kue kering anda sudah tidak renyah lagi saat dikonsumsi di hari lebaran. Daripada menanggung malu dan dongkol karena kue kering yang sudah susah-susah anda buat sendiri melempeng, kurang renyam, dan kusam penampilannya saat hari raya tiba, yuk simak tips berikut dari Peluang Properti!

1. Biarkan kue sampai dingin
Sebelum memasukkan kue ke wadah, anda sebaiknya menunggu sampai kue-kue yang baru matang dan diangkat dari oven dingin. Tekstur kue kering yang baru mkatang biasanya agak lunak. Angin-anginkan di udara terbuka sampai suhunya sudah cukup dingin untuk dimasukkan ke dalam wadah atau toples. Memasukkan kue yang masih hangat, atau bahkan panas, ke dalam toples, dapat berakibat kue melempem dan tidak renyah lagi.
 
2. Keringkan wadah
Langkah di atas akan menjadi percuma jika wadah tempat anda menyimpan toples basah atau lembab. Hal ini juga akan mengakibatkan kue-kue kering anda melempem, tidak renyah, dan bahkan berjamur saat akan dikonsumsi. Gunakan lap bersih untuk membersihkan wadah dan angin-anginkan beberapa saat sambil dijemur dibawah sinar matahari. Setelah benar-benar kering, baru masukkan kue-kue kering anda ke dalam toples.

3. Toples Rapat dan Kedap Udara
Gunakanlah toples yang dapat tertutup rapat dan kedap udara. Biasanya toples jenis ini dilengkapi dengan penutup yang dikelilingi oleh lapisan karet. Hal ini bertujuan untuk mencegah masuknya angin ke dalam toples. Dengan toples yang rapat dan kedap utara, kerenyahan kue anda akan dapat bertahan lebih lama.

4. Garam Dalam Kemasan
Banyak toples telah dilengkapi oleh silica gel di dalam kemasannya. Hal ini untuk mencegah munculnya udara lembab di dalam toples. Jangan khawatir jika anda tidak memiliki silica gel atau tidak sempat membelinya. Anda dapat membuatnya sendiri dengan 1-2 sendok teh gara, yang dibungukus dengan kain bersih. Masukkan ke dalam toples dan susun kue kering anda di atasnya. Voila! Mudah dan murah!

5. Simpan Di Tempat Kering
Setelah kue kering tersusun rapih di dalam toples, sekarang tinggal peletakannya yang harus diperhatikan. Pilihlah tempat-tempat dimana sinar matahari tidak menembus secara langsung, seperti meja makan dan lemari makan. Hindari juga dari makanan lain yang beraroma menyengat seperti terasi dan durian.

Mudah kan? Dengan begini, tamu dan keluarga anda tidak akan kecewa dengan kue yang tidak renyah di hari lebaran. Semoga berhasil!


Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel