118 Rabu, 18 Juni 2014 | 02:02:59

Menyimpan Makanan Secara Sehat

menyimpan-makanan-secara-sehat

Makanan sehat adalah makanan yang tentunya bergizi dan baik efeknya jika dikonsumsi. Makanan sehat juga dipengaruhi oleh bagaimana menyimpan makanan tersebut. Jika makanan tidak disimpan dengan baik, tentunya kadar gizi pun ikut berubah sehingga tidak baik jika dikonsumsi oleh tubuh kita. Terlebih lagi bahan makanan yang memerlukan penyimpanan khusus agar tidak mudah busuk. Berikut ini ada beberapa tips bagaimana menyimpan makanan di kulkas agar tetap bisa dikonsusmi secara sehat:


Pertama, Anda harus menyimpan makanan mentah ataupun makanan sisa ke dalam kulkas setidaknya sebelum 2 jam demi mencegah pertumbuhan bakteri ketika makanan berada di ruang terbuka. Usahakan segera disimpan agar bisa dikonsumsi dengan sehat.


Kedua, Jangan biarkan kulkas Anda berisi makanan terlalu penuh karena hal ini bisa mengurangi sirkulasi udara yang terjadi dalam kulkas. Tetunya menjaga kulkas agar tetap memiliki suhu dingin yang bisa menjaga makanan dari bakteri.


Ketiga, usahakan memisahkan makanan yang terlebih dahulu dimasak sebelum dimakan dari bahan makanan yang bisa langsung dimakan. Contohnya saja pisahkan ayam, daging, ikan dengan jenis makanan buah-buahan dan bahan makanan lainnya.


Keempat, Bagilah sisa makanan yang ingin disimpan ke dalam beberapa bagian dengan porsi kecil. Hal ini dilakukan agar makanan bisa cepat dingin ketika berada di dalam kulkas.


Kelima, bahan-bahan makanan yang memerlukan olahan seperti ayam, daging, dan ikan bisa diletakkan pada lemari pembeku (freezer) untuk menjaga kualitasnya agar siap untuk dikonsumsi. Dengan cara ini , Anda bisa menyimpan ayam dalam jangka waktu 2 hari, sedangkan daging hingga 3 hari. Untuk penyimpanan ikan, gunakan kertas alumunium atau wadah tertutup untuk membungkusnya, baru setelah itu simpan di lemari es. Hal ini membuat ikan bisa bertahan hingga 2 hari.


Kini makanan Anda akan tetap sehat untuk dikonsumsi dengan tips penyimpanan di kulkas yang telah diberikan.


Sumber: Balektronik

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel