230 Senin, 16 Juni 2014 | 12:19:16

Tips Menyimpan Obat yang Benar

tips-menyimpan-obat-yang-benar

Menyimpan obat tidak bisa dianggap hal yang sepele karena jika kita mengabaikannya maka obat-obatan tersebut bisa tercampur dengan zat-zat kimia lain yang bisa berbahaya bagi tubuh. Akibatnya akan berbahaya jika dikonsumsi. Penyimpanan obat perlu diperhatikan agar tida mengurangi fungsi atau kegunaan dari obat tersebut. Berikut ini beberapa tips menyimpan obat:


Menyimpan obat dalam kurun waktu yang lama akan membuat mutu atau kualitas obat mengalami penurunan atau tidak sama lagi ketika Anda pertama membelinya. Apalagi disimpan sampai waktu sebulan lebih setelah kemasannya dibuka, seperti sirup demam, obat sakit kepala atau obat sirup penurun panas. Paling tidak Anda bisa membuang obat yang telah selesai dikonsumsi agar tidak berlarut-larut penyimpanannya.


Sebelum Anda mengkonsumsi dan hendak menyimpan obat, maka bacalah petunjuk penyimpanannya terlebih dahulu. Biasanya petunjuk ini tertera di kemasan obat atau jika obat itu dari dokter, Anda bisa menanyakannya langsung. Lebih baik jika Anda menyimpan obat di dalam lemari es guna menghindari obat dari sinar matahari langsung karena hal ini dapat merusak kandungan yang ada pada obat.


Selain petunjuk cara menyimpan obat, Anda juga perlu memperhatikan tanggal kadaluarsa atau expiration date yang ada dalam kemasan obat. Biasanya expiration date ditulis secara singkat, EXP.


Hendaknya jauhkan tempat penyimpanan obat dengan bahan-bahan kimiwai lainnya atau barang-barang yang berbau menyengat seperti minyak urut atau balsam. Setidaknya obat tidak terkontaminasi dengan hal-hal tersebut.


Sumber: Entitas Hukum

 

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel