1864 Sabtu, 07 Juni 2014 | 12:00:06

Cara yang Benar Simpan Makanan di Kulkas

cara-yang-benar-simpan-makanan-di-kulkasGoogle Image

Sebentar lagi bulan puasa akan datang, dan pastinya dengan datangnya bulan puasa, anda harus mempersiapkan banyak bahan makanan segar dirumah untuk berbuka puasa dan sahur dini hari. Ayo cermati cara yang benar untuk penyimpanan macam-macam bahan makanan dari Peluang Properti berikut ini!

Sebelum anda memulai untuk mengatur ulang isi dan tatanan kulkas anda, cermati dulu sifat bahan makanan yang hendak anda simpan. Dari sini anda akan tahu cara yang tepat untuk memperlakukan dan dimana anda harus menyimpannya. Dengan tahu caranya, anda akan lebih berhemat waktu dalam penataan ulang isi kulkas anda.

 

Bahan Makanan Segar

Setelah dibersihkan, daging ikan dan ayam bisa anda simpan di dalam kotak bertutup dan cantumkan tanggal penyimpanan. Begitu juga pula daging sapi atau kambing. Agar kesegarannya tetap terjaga, masukkan ke dalam freezer. Agar lebih tahan lama lagi, ayam dan daging diungkep terlebih dahulu sebelum disimpan, dengan cara dimasak setengah matang dan diberi jahe dan bawang putih agar beraroma sedap.

 

Pojok Khusus Makanan Anak

Anda dapat menggunakan rak pertama untuk bahan-bahan ini. Apalagi jika anda memiliki stok ASI. Simpanlah di wadah khusus dan tertutup. Ingat, jangan menyimpan sisa makanan lebih dari 1 hari di dalam kulkas ya, agar kesehatan anak dan keluarga tetap terjaga.

 

Cek Kulkas Setiap Hari

Setiap habis pulang belanja, biasakan untuk membereskan bahan makanan anda sebelum masuk ke dalam kulkas. Kemasan bahan makanan yang telah dibuka sebaiknya diikat dengan penjepit yang mencantumkan tanggal dan bulan dibuka atau masukkan ke dalam wadah tersendiri dan beri label agar tak terkontaminasi bakteri yang terbawa telur, atau bahan makanan mentah lainnya.  

 

Bahan Makanan Kering

Baiknya bahan makanan kering disimpan diwadah sendiri dan diberi label tanggal membuka kemasan. Wadah sebaiknya yang dapat ditutup rapat dan kedap udara agar lebih tahan lama. Cek juga tanggal kadaluarsa dan kondisi bahan makanan kering 1 - 2 minggu sekali.

 

Bersihkan dan Olah Sebelum Simpan!

Ati-Ampela ayam atau jeroan sapi (cuci, sisihkan lemak, rebus)

Daging sapi atau ayam cincang (oseng)

Daging ayam (cuci, sisihkan lemak, ungkep)

Daging sapi/kambing (cuci, sisihkan lemak, rebus)

Ikan dan seafood (cuci, bersihkan, beri jeruk)

 

Semoga berhasil!

 

Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel