209 Kamis, 06 Maret 2014 | 10:22:52

Mudroom, Solusi Rumah Berantakan

mudroom-solusi-rumah-berantakan

Pusing melihat rumah berantakan? Sepatu, helm, jaket motor, koran dan majalah berserakan. Butuh tempat penyimpanan ekstra yang dapat menampung semuanya?. Anda bisa mencoba membangun sebuah mudroom atau ruang penyimpanan multifungsi. Ruangan ini memuat beberapa rak dan gantungan agar semuanya muat.

Membuat ruang penyimpanan di rumah banyak manfaatnya. Seperti sebagai ruang penyimpanan ekstra. Tidak hanya itu, jika Anda memiliki alergi, mudroom ini mampu menghalangi masuknya debu, kuman, dan jamur masuk ke dalam rumah Anda. Seperti apa cara membuat sebuah mudroom yang tepat?

Lokasi yang tepat untuk membuat Mudroom
1. Belakang rumah
Dapur biasanya memiliki akses masuk untuk ke halaman belakang. Pada kebanyakan rumah, dapur banyak dijadikan sebagai area untuk menyimpan perabotan masak. Selain dapur, mudroom yang juga bisa diperuntukan sebagai ruang mencuci dan menyeterika. Karena menyeterika membutuhkan ruang gerak dan penyimpan papan seterikaan.

2. Garasi
Garasi merupakan area transisi dari luar. Di sini bisa menyimpan berbagai keperluan, misalkan jaket motor dan helem.

Elemen yang terdapat dalam Mudroom
Yang harus diperhatikan jika Anda ingin membangun mudroom adalah memperbanyak gantungan atau kait dan rak. Tujuannya semua barang-barang Anda tersusun rapih.

Ukuran ideal dalam membangun sebuah mudroom adalah sekitar 2x2 meter atau 2,5 x 3 meter. Atau jika Anda ingin menambahkan mesin cuci dan pengering, tentu ukuran mudroom juga harus disesuaikan dengan ukuran mesin cuci Anda.

Sebelum membuat mudroom, ada hal yang tak kalah penting yang harus Anda simak, yaitu pemilihan lantai.

1. Lantai
Dalam memilih lantai untuk mudroom, pilih lantai yang memiliki kelembaban rendah, mudah dibersihkan, dan kuat. Di antaranya :

- Anda bisa menggunakan lantai berbahan vinil untuk mudroom. Sebaiknya pilih lantai yang berwarna gelap agar lantai tak mudah terlihat kotor.

- Lantai genteng atau batu juga sangat cocok, karena bahan ini terkenal anti slip

- Beton. Lantai berbahan dasar beton juga sangat cocok untuk mudroom karena sangat mudah bila dibersihkan.

-  Karpet. Karpet bisa menjadi salah satu alternatif untuk lantai mudroom. Karpet dapat menahan kotoran yang masuk ke dalam rumah. Pastikan Anda menggunakan karpet anti slip dan mudah dicuci.

2. Atribut mudroom
- Rak
Rak merupakan elemen paling mendasar dalam pembuatan mudroom. Selain itu, Anda juga dapat membentangkan beberapa kawat jemuran untuk menjemur pakaian. Atur rak dan gantungan di tempat yang mudah dijangkau oleh seluruh anggota keluarga Anda. Bila perlu tambahkan beberapa keranjang cucian untuk menaruh pakaian kotor

- Gantungan
Selain kawat jemuran, beberapa gantungan di dinding juga bisa Anda gunakan untuk menggantung jas hujan, jaket, topi atau payung yang basah. Tidak hanya itu, gantungan ini juga dapat Anda gunakan untuk menggantung kunci atau kalung anjing peliharaan.

Detail mudroom
Ada baiknya memisahkan ruang penyimpanan agar terlihat lebih rapi dengan membedakan warna laci untuk tiap anggota keluarga. Selain itu, atur ventilasi yang baik untuk mengurangi kelembaban dan mencegah datangnya jamur. Hal ini juga dapat berguna untuk mempercepat pengeringan cucian basah Anda.

Jika perlu, tambahkan sebuah lampu panas untuk membantu mengeringkan pakaian Anda di musim penghujan. Selain itu, pastikan pintu masuk mudroom kedap udara dan aman.

Agar lebih cantik, tidak ada salahnya Anda mengecat mudroom dengan warna kesukaan Anda. Yang perlu diingat, dalam memilih warna cat, sebaiknya pilihlah cat yang mudah dibersihkan, tahan jamur dan kelembaban. Anda bisa menggunakan cat berbahan akrilik karena cat ini tahan terhadap noda.

Terakhir, setelah semuanya selesai, ada beberapa hal yang tak boleh Anda lupakan dalam membuat mudroom. Di antaranya :

1. Sebuah bangku atau kursi yang dapat digunakan saat melepas sepatu yang basah.
2. Aksesoris seperti lukisan
3. Sebuah cermin tambahan yang bisa Anda gunakan untuk memastikan penampilan Anda saat ingin bepergian.

Mudah bukan? Selamat mencoba!

Sumber               : Okezone
Sumber Gambar : Lowes


📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel