184 Kamis, 30 Januari 2014 | 12:09:04

Tips Agar Rumah Tidak Dibobol Maling

tips-agar-rumah-tidak-dibobol-maling

Kasus pencurian makin banyak terjadi, terutama di saat perekonomian negara sedang lesu seperti saat ini. Pencurian tidak hanya terjadi saat penghuni berlibur atau mudik Lebaran, tetapi juga saat penghuni sedang berada di rumah. Untuk meminimalkan potensi pencurian ada baiknya kita berfikir dari kaca mata pencuri. Apa saja yang mereka perhatikan dan hindari sebelum masuk ke sebuah rumah? Berikut ini beberapa tips yang baik untuk Anda coba:

Perawatan rumah
Rumah yang terlihat tidak terawat menandakan penghuninya juga tidak memedulikan faktor keamanan. Inilah salah satu poin yang sering diperhatikan pencuri. Rawatlah rumah dengan baik, karena rumah yang apik akan terkesan memiliki keamanan yang baik.

Halaman rumah
Pohon atau semak-semak yang lebat dan tidak terawat bisa manjadi tempat persembunyian bagi pencuri. Tingginya rumput di halaman juga bisa menjadi indikasi bahwa pemilik rumah pergi untuk waktu yang lama. Untuk itu, ada baiknya Anda menyewa tukang kebun untuk merapikan halaman rumah jika berencana pergi lebih dari sepekan.

Pintu dan jendela
Pintu dan jendela merupakan akses yang umum digunakan pencuri untuk memasuki rumah. Pintu utama sebaiknya menggunakan bahan solid dengan kunci grade 1 atau grade 2. Jangan lupa menambahkan kunci slot atau gerendel untuk menambah keamanan. Sementara untuk jendela seyogianya dilengkapi dengan teralis besi. Pilih teralis besi yang cocok untuk bentuk jendela agar tidak mengurangi nilai estetika.

Hewan penjaga
Anjing banyak dipilih untuk menjaga rumah karena suaranya yang berisik saat melihat orang asing. Beberapa penelitian membuktikan bahwa pencuri menghindari rumah yang memiliki anjing. Untuk tujuan ini, anjing kecil pun bisa dipelihara, namun kebanyakan orang menggunakan anjing jenis german shepherd (anjing herder). Bukan hanya anjing, angsa pun bisa dijadikan hewan penjaga. Bahkan, unggas berbulu putih ini dinilai lebih sensitif dan mengeluarkan suara seperti terompet saat melihat orang asing.

Sistem keamanan
Banyak sistem keamanan canggih yang dapat dipakai saat ini, seperti alarm, kamera CCTV, atau motion sensor light (lampu yang menyala saat mendeteksi gerakan). Bagi yang memiliki uang lebih, bisa memasang beberapa kamera CCTV di titik-titik strategis, seperti  halaman, kamar, dan ruang keluarga. Untuk mengecoh pencuri, Anda juga dapat memasang kamera CCTV palsu di daerah yang mudah terlihat. Hal ini membuat pencuri akan berfikir dua kali untuk membobol rumah Anda.

Rumah seolah berpenghuni
Biasanya sebelum beraksi, pencuri memerhatikan rutinitas Anda sekeluarga. Saat Anda bepergian, rutinitas tersebut terhenti, dan ini merupakan tanda bagi pencuri untuk beraksi. Untuk itu, ada baiknya Anda membuat seolah rumah berpenghuni, seperti dengan memasang timer untuk menyalakan dan mematikan lampu—atau alat elektronik lain, seperti TV dan radio.

Tanda peringatan
Sama halnya dengan meletakkan kamera CCTV di tempat yang mudah terlihat, tulisan “Awas Anjing Galak” atau “Rumah Ini Dilengkapi Kamera CCTV 24 Jam” juga bisa membuat pencuri ragu untuk beraksi di rumah Anda. Letakkan tulisan tersebut di pagar atau pintu rumah.

Tetangga
Tetangga bisa sangat membantu saat Anda bepergian ke luar rumah dalam waktu lama. Anda dapat meminta tolong mereka mengambil paket, surat, atau surat kabar yang dikirim ke rumah Anda. Agar rumah Anda terlihat lebih hidup, minta tetangga memarkir kendaraan di carport Anda atau membuang sampah di tong sampah Anda.

Anto Erawan
Sumber : Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel