123 Rabu, 18 Desember 2013 | 12:47:56

Tips Memilih Jasa Pindahan Rumah

tips-memilih-jasa-pindahan-rumah

Apakah Anda sedang berniat untuk pindah rumah ke tempat lain? Jika iya, maka Anda bisa menyewa jasa pindahan rumah yakni sebuah layanan yang menawarkan jasanya untuk memindahkan barang ke rumah baru.

Kapan Kita Memerlukan Bantuan Jasa Pindahan Rumah?
Jangan pernah beranggapan bahwa memindah rumah itu mudah. Hal ini tidak segampang kelihatannya. Sebab selain benda fisik yang dipindah, Anda pun perlu memperhatikan faktor psikis berupa kesan dan kenangan yang pernah terjadi di rumah. Adapun untuk barang yang akan dipindahkan, biasanya dikemas terlebih dahulu agar aman. Bayangkan saja lelahnya saat Anda harus mengemasi semua barang, membawanya menuruni tangga dan menaikkannya ke dalam mobil. Terlebih jika Anda harus beradu dengan tenggat waktu pengosongan rumah yang harus sesegera mungkin. Mungkin hal ini tidak masalah untuk Anda yang memiliki rumah mungil. Tapi, bagaimana bagi Anda yang memiliki barang dalam jumlah yang banyak, baik itu berupa barang berharga maupun mebel antik yang rawan mengalami rusak? Menyewa jasa pindahan rumah adalah keputusan yang paling tepat sehingga Anda bisa lebih berkonsentrasi pada urusan rumah yang lain.

1. Mengumpulkan Beberapa Penawaran Harga
Pastikan Anda sudah mengantongi daftar perusahan jasa pindahan rumah beserta penawaran yang sedang berlangsung jauh-jauh hari. Hitung kembali harga yang paling hemat untuk Anda dari harga layanannya sampai harga pengiriman barang menuju ke lokasi rumah yang baru. Beberapa perusahaan juga menawarkan jasa pengepakan untuk memastikan seluruh barang yang akan dipindah dalam kondisi yang sebenarnya. Saat ini sudah banyak perusahaan yang melampirkan informasi penawaran di website resminya. Tetapi alangkah lebih baik, Anda menghubungi langsung customer service perusahaan tersebut untuk mendapatkan penawaran harga terbaik. Kebanyakan perusahaan juga akan mengirimkan karyawannya terlebih dahulu untuk memantau kondisi rumah Anda sebelum kontrak kerjasama ditandatangani. Hal ini akan membantu mereka menentukan tarif yang lebih tepat sesuai jenis penawaran yang dimiliki.

2. Pertimbangkan Secara Matang
Persetujuan kerjasama boleh dilakukan beberapa hari setelah Anda menghubungi perusahaan sehingga Anda mempunyai waktu yang banyak untuk merenungkan apakah memakai jasa mereka atau tidak. Ingat, bahwa saat ini banyak orang yang memerlukan jasa mereka. Sehingga jika Anda sudah yakin dengan perusahaan yang Anda pilih, maka sebaiknya pembayaran dilakukan di muka agar mendapatkan suatu keistimewaan.

3. Mengantar Pihak Perusahaan ke Rumah yang Baru
Apabila Anda memiliki waktu, maka ajaklah salah satu karyawan perusahaan tersebut menuju lokasi rumah baru Anda. Hal ini dilakukan agar pihak perusahaan menemukan akses terbaik untuk menuju ke sana. Mereka juga bisa mempersiapkan kendala-kendala apa yang nanti akan terjadi setelah barang telah sampai ke rumah yang baru. Misalnya, rumah baru Anda ternyata terdiri dari beberapa lantai, ukuran pintu utama terlalu kecil sebagai jalan memasukkan lemari dan kendala-kendala lainnya.

4. Pastikan Rumah Anda Diasuransikan
Kebanyakan perusahaan yang bergerak dalam bidang juga telah menyediakan asuransi ke dalam produk jasa mereka sehingga Anda tidak perlu khawatir jika terjadi benda yang hilang atau pecah selama proses pindahan tersebut. Pastikan surat asuransi sudah benar-benar diurus sebelum proses pindahan berlangsung. Ada baiknya juga Anda menghubungi pihak asuransi rumah (jika rumah sudah diasuransikan sebelumnya) dan menanyakan apakah asuransi juga berlaku saat rumah dipindahkan.

5. Negosiasi Harga
Jika Anda mau bernegosiasi harga dengan pihak perusahaan, maka biasanya Anda akan mendapatkan harga yang pas. Perlu Anda ketahui bahwa waktu juga mempengaruhi tinggi rendahnya harga jasa ini. Pindah rumah saat weekend dan hari libur memiliki harga yang lebih mahal dari hari-hari biasa karena pada hari ini tingkat permintaan biasanya mengalami peningkatan. Jika memungkinkan, pilihlah hari biasa agar biaya yang harus Anda bayar menjadi lebih murah.

6. Rekomendasi Orang Lain
Cara termudah untuk memilih perusahaan jasa pindah rumah yang berkualitas adalah dari rekomendasi keluarga atau teman Anda yang pernah menggunakannya. Dengan mengetahui pengalaman yang pernah mereka alami, akan membantu Anda mempercayakan rumah ke mereka. Tetapi jika tidak ada satu pun orang di sekitar Anda yang pernah menggunakan jasa ini, solusi terbaik adalah dengan mengikuti kata hati Anda. Perusahaan profesional, meski harganya lebih mahal, biasanya mereka memiliki sikap yang lebih ramah dan terbuka kepada calon kliennya.

Sumber : Arafuru

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel