189 Rabu, 04 Desember 2013 | 10:50:22

Tip Menyimpan Makanan Agar Tahan Lama

tip-menyimpan-makanan-agar-tahan-lama

Kebersihan dan kerapihan rumah erat kaitannya dengan pengaturan letak ruang serta penyimpanan barang. Salah satunya adalah penyimpanan makanan. Ketika membeli makanan dalam jumlah banyak, Anda sekeluarga mungkin tidak menghabiskan makanan tersebut dalam satu waktu. Tentu saja, makanan tersebut harus disimpan agar bisa dimakan dalam kesempatan lainnya.

Berikut cara menyimpan makanan agar tahan lama:

1. Kelurkan isi lemari. Buka bungkus kue dan biskuit, lalu masukkan dalam kaleng atau toples makanan. Tata wadah, letakkan toples yang isinya lebih lama di bagian depan supaya lebih dulu dihabiskan.

2. Hindari menaruh bahan makanan dairy (susu, keju, dan telur) di pintu lemari es karena tempat itu temperaturnya paling tinggi. Simpan makanan sisa di bagian depan sehingga mudah terlihat dan tempat terbaik untuk menyimpan makanan adalah di dalam freezer.

3. Pilih yang bisa digunakan kembali. Tidak semua kontainer aman untuk makanan jika digunakan kembali. Contoh wadah dari kaca, mudah dibersihkan, untuk saus, dressing, sup dan makanan cair.

Wadah bekas mentega, produk berbasis susu serta wadah plastik dari restoran sebaiknya tidak digunakan kembali karena mudah rusak. Kantong plastik dengan zip, meski dapat dicuci tapi aman untuk makanan karena sudut-sudut yang sulit dijangkau dapat menyimpan bakteri.

4. Hindari mengira-ngira. Anda tidak bisa menentukan apakah bahan makanan sudah kadaluarsa hanya melihat dari warna atau baunya. Oleh karena itu, sekalipun wadahnya dipindah, jangan lupa selalu mencantumkan tanggal kadaluarsa.

5. Rapikan wadah yang berantakan Jika sudah kosong, simpan wadah yang kecil di dalam wadah yang besar. Simpan tutup di atas atau di samping tumpukan kotak.

6. Gunakan alat. Alat vakum kecil dapat membuat makanan tetap segar saat disimpan dalam kantong plastik karena bebas dari udara, faktor terbesar yang membuat makanan basi.

7. Pilih yang kotak. Wadah atau kontainer kotak atau bersudut akan lebih menghemat tempat. Pilihlah model ini.
Catatan: Ingat beri label pada wadah penyimpanan dan jangan lupa mencantumkan tanggal produksi serta tanggal kadaluarsa.

Sumber : Yahoo News

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel