101 Jum'at, 01 November 2013 | 08:58:14

Banjir Lagi? Siap-siap Sajalah...

banjir-lagi-siap-siap-sajalah

Banjir bisa terjadi di mana saja pada musim hujan seperti sekarang ini. Kemungkinannya bertambah ketika lingkungan sekitar tidak mendukung. Tentu saja banyak hal perlu Anda pertimbangkan. Misalnya, tidak ada saluran air untuk mengalirkan dan menyerap air atau mungkin saluran yang ada tersumbat lumpur atau sampah. Tentu saja, banjir merugikan, baik kesehatan maupun materi. Karena itu, segera lakukan beberapa hal ini untuk mengurangi kerugian dari musibah banjir.

Menurut editor Moneysupermarket Clare Francis, seperti dikutip dalam Telegraph, segera pindahkan barang-barang berharga dari lantai dasar rumah Anda. Barang-barang elektronik, perhiasan, dan dokumen penting jangan sampai tertinggal di lantai dasar. Selain barang-barang mahal, jaga juga barang-barang kenangan, seperti foto, agar tidak rusak atau hilang.

Francis juga mengingatkan untuk melindungi barang-barang "lembut", seperti karpet, gorden, dan sofa. Sama seperti barang-barang berharga, Anda bisa memindahkannya ke lantai yang lebih tinggi.

Sementara itu, untuk menyetop air ke dalam rumah, Anda bisa mencoba menaruh karung-karung berisi pasir. Gunakan karung-karung tersebut di pintu rumah Anda.

Namun, selama banjir belum menunjukkan tanda-tanda akan berkunjung ke rumah Anda, cobalah mendaftarkan nomor-nomor telepon penting yang bisa membantu Anda ketika banjir datang. Simpan nomor telepon pengurus RT, RW, posko banjir terdekat, kantor Anda, rumah ibadah, atau organisasi yang Anda ikuti. Jangan lupa, simpan juga nomor-nomor kerabat Anda.

Selain menyimpan nomor telepon penting, segeralah berkemas. Isi tas Anda dengan obat-obatan, baju ganti, dan berbagai surat identitas. Dengan cara ini, Anda bisa segera mengambil tas tersebut dan melakukan evakuasi dengan cepat jika terjadi banjir secara tiba-tiba.

Terakhir, teruslah memantau berita, terutama mengenai sumber banjir terdekat di rumah Anda setiap hari.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel