146 Selasa, 01 Oktober 2013 | 03:26:54

Catat... Cara Hemat Tempat Menyimpan Bahan Makanan!

catat-cara-hemat-tempat-menyimpan-bahan-makanan

Dapur dan ruang makan bukan hanya tempat untuk memasak atau menyantap makanan. Kedua tempat yang umumnya terhubung ini juga merupakan lokasi tepat untuk menyimpan bahan makanan. Hanya saja, dengan keterbatasan ukuran rumah, ukuran dapur pun semakin kecil.

Lantas, bagaimana caranya berhemat tempat agar semua bahan makanan dibutuhkan bisa disimpan di dapur Anda? Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa Anda jadikan inspirasi:

Pintu geser

Pertama, buatlah lemari penyimpanan dengan pintu geser di bawah meja dapur Anda. Namun, buatlah tempat penyimpanan tersebut dibuka dengan cara geser ke depan, bukan ke samping untuk menghemat tempat. Cara ini tidak hanya membuat Anda bisa memanfaatkan meja dapur secara efektif, namun juga membuat Anda mudah mengambil barang-barang tersebut.

Menyebar

Kedua, pertimbangkan kebiasaan Anda memasak. Daripada menempatkan semua bahan makanan dalam satu tempat yang sama, sebaiknya "menyebarkan" bahan-bahan tersebut.

Setidaknya, pisahkan menjadi dua kategori: bahan-bahan mentah dan bahan-bahan yang tinggal dihangatkan. Anda juga bisa membagi lagi menjadi kategori yang lebih kecil-kecil lagi, misalnya bumbu-bumbu yang sering digunakan diletakkan di permukaan meja dan sisanya disimpan di dalam lemari.

Wadah plastik

Ketiga, pastikan Anda memanfaatkan wadah-wadah plastik (berbentuk seperti rak atau tempat makan) ketika menyimpan bahan-bahan di dalam lemari dapur. Dengan cara ini, Anda bisa menumpuk bahan-bahan makanan dengan efektif tanpa membuang-buang tempat. Anda juga bisa melihat bahan-bahan tersebut dengan mudah.

Lemari es

Keempat, gunakan juga kulkas atau lemari es Anda. Sama seperti penyimpanan di lemari dapur, Anda juga bisa menggunakan rak dan wadah plastik ketika menyimpan bahan-bahan di dalam lemari es.

Namun, jika Anda tidak ingin memenuhi lemari es Anda dengan wadah plastik, pastikan Anda sudah membuka wadah karton makanan-makanan siap saji sebelum dimasukkan dalam lemari es. Pasalnya, wadah karton ini akan menghabiskan banyak tempat.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel