152 Senin, 21 Oktober 2013 | 08:20:26

Cara Mengatur Koleksi Buku di Rumah

cara-mengatur-koleksi-buku-di-rumah

Apakah Anda seorang pembaca setia atau sekadar senang mengoleksi buku, pasti Anda memiliki banyak sekali buku di rumah. Dengan begitu banyaknya buku yang Anda miliki, pasti Anda kewalahan dan depresi setiap kali melihat rak buku Anda penuh, bukan?


Jika Anda ingin menjadi bibliograf dan memelihara semua buku-buku berharga Anda yang telah dikumpulkan selama bertahun-tahun, berikut beberapa tips tentang cara mengatur buku-buku dalam rak buku Anda.


Pertama, kosongkan rak buku. Jika ada buku lain di ruangan yang berbeda, satukan semuanya. Pilihlah mana buku yang ingin tetap Anda simpan dan tak dibutuhkan lagi. Jangan membuang buku-buku yang tak terpakai. Lebih baik Anda menjualnya secara online atau mendonasikannya kepada yang membutuhkan.


Kedua, setelah memutuskan buku-buku mana yang ingin Anda simpan, saatnya mengkategorikan semua buku-buku itu. Bingung bagaimana cara melakukannya? Anda bisa mengkategorikannya sesuai nama penulis, judul, abjad, atau genre. Atau, Anda bisa jugamengkategorikannya sebagai fiksi atau non-fiksi.


Ketiga, mulailah mengatur buku-buku itu. Tempatkan mereka secara vertikal di rak (kecuali jika rak terlalu tinggi) di mana sisi halaman terbuka ada di bagian dalam rak sehingga memungkinkan judul buku tetap terlihat.


Keempat, selalu simpan buku-buku berat di rak yang lebih rendah dan yang lebih ringan di atas.


Perawatan
Bersihkan sesekali debu yang ada di buku dan rak buku dengan vacuum cleaner kecil untuk mempertahankan kondisi buku tetap baik.
(Ester)

Sumber : Tabloid Nova

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel