157 Senin, 21 Oktober 2013 | 07:29:39

Merawat Perangkat Makan

merawat-perangkat-makan

Jangan biarkan koleksi perangkat makan Anda rusak karena usang dimakan waktu atau terkena noda makanan. Berikut tip praktis GH untuk membersihkan dan menyimpan perangkat makan agar tetap bersih dan tahan lama.

Ini Cara Menghilangkan Soda
Gunakan baking soda.
Campurkan baking soda dan sedikit air hingga mengental dan berbentuk pasta. Gunakan untuk:
•    Menghilangkan noda teh dan kopi pada cangkir.
•    Menghapus bekas gesekan besi dari garpu atau pisau pada piring.
•    Melenyapkan bau tak sedap dari perangkat makan plastik. Caranya, rendam piring atau gelas plastik dalam campuran empat sendok makan baking soda dan air hangat.
 
Jika menggunakan dishwasher dan terdapat noda pada gelas, letakkan gelas di antara jari-jari rak (bukan di atasnya). Untuk gelas wine, pilih putaran terlembut, lalu rendahkan rak paling atas untuk mengakomodasi tangkai gelas yang panjang. Setelahnya, keringkan dengan handuk lembut. Jangan lupa gunakan sabun pencuci piring karena sabun akan meniriskan air sehingga tidak menempel pada gelas dan menimbulkan noda saat mengering.


Angin-anginkan gelas di atas alas khusus untuk pengering piring, yang memiliki lapisan atas lembut untuk mencegah tepian gelas retak atau pecah. Alas pengering ini juga mudah untuk disimpan jika tidak digunakan. Anda dapat membelinya di toko peralatan rumah tangga.

Menyimpan, Ada Caranya
Jangan menyimpan gelas dalam posisi terbalik. Cara menyimpan seperti itu akan memindahkan beban dan tekanan ke tepian gelas yang ringkih serta menyimpan bau dari kelembapan di dalamnya.


Tumpuk piring dan mangkok, jangan tumpuk cangkir atau mug.Perangkat minum dengan pegangan tidak dapat ditumpuk dengan rapi, dan tumpukan cangkir akan mudah terjatuh. Pengait yang dipasang dalam lemari dapat digunakan untuk menggantung cangkir dan mug, atau cobalah rak bertingkat yang dapat digantung di permukaan bawah dalam lemari (atas).


Agar perangkat makan bebas debu, keluarkan sedikit biaya ekstra untuk membeli kantong penyimpan piring yang juga berfungsi untuk perangkat makan berbahan rapuh. Kantong seperti ini dilengkapi lapisan busa pada bagian dalam untuk pembatas antar piring agar tak mudah pecah.
 
(Rani Anggraeni)
Sumber : good housekeepng

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel