120 Selasa, 15 Oktober 2013 | 07:07:32

Tips untuk Perpustakaan Pribadi di Rumah Tinggal

tips-untuk-perpustakaan-pribadi-di-rumah-tinggal

Anda pecinta buku dan senang mengkoleksi berbagai macam buku? Mempunyai impian untuk membuat perpustakaan pribadi? Jika ada space kosong di rumah tinggal Anda tidak ada salahnya Anda membuat satu ruangan khusus untuk perpustakaan pribadi Anda. Berikut ini adalah 10 tips untuk membantu mewujudkan perpustakaan pribadi yang nyaman untuk rumah tinggal Anda.


1. Tentukan lokasi di mana Anda akan membuat perpustakaan pribadi.

Digabung dengan ruang kerja, ruang keluarga, kamar tidur, atau mungkin satu ruangan sendiri? Idealnya, pilih ruangan yang tenang dan tidak banyak dilalui orang untuk menciptakan suasana tenang. Tapi jika tidak banyak tempat yang tersedia, Anda bisa menggabungkan perpustakaan di ruangan favorit Anda dengan membuat rak sesuai kebutuhan Anda.


2. Pastikan kekuatan rak buku

Karena rak buku akan menahan beban yang tak sedikit, maka sebaiknya Anda memastikan bahwa rak buku yang akan Anda buat cukup kuat untuk menahan beban buku yang akan Anda simpan. Konsultasikan ke pembuat mebel profesional untuk menjamin keamanan rak buku Anda.



3. Lantai

Sama pentingnya dengan rak buku, pastikan lantai perpustakaan juga kuat menahan beban rak buku yang berat. Idealnya lokasi paling tepat untuk perpustakaan adalah di lantai pertama rumah Anda. Konsultasikan dengan kontraktor untuk Anda yang memiliki koleksi buku dengan jumlah yang sangat besar.


4. Pertimbangkan berapa banyak buku yang Anda punya.

Jika Anda memiliki banyak buku dan ingin koleksi Anda tetap rapi dan bersih buat rak yang memiliki pintu tertutup. Jika Anda lebih menyukai kepraktisan, buat rak buku dengan model terbuka tanpa daun pintu untuk kesan yang lebih modern. Jika koleksi buku Anda akan terus bertambah, pertimbangkan untuk membuat rak buku yang bisa menampung semua buku Anda.


5. Perpustakaan gabungan dengan ruang kerja

Jika Anda memilih untuk menggabungkan perpustakaan dengan ruang kerja, pastikan kebutuhan dan fungsi kedua ruangan bisa terpenuhi dalam waktu bersamaan. Apakah buku bisa diambil dengan mudah dari tempat duduk Anda? Apakah akan ada sisa tempat untuk orang lain membaca di sana pada saat Anda bekerja? Pertimbangkan segala kemungkinan yang bisa terjadi.


6. Rencanakan penataan perabot

Perabot yang akan diletakkan di perpustakaan juga harus sudah mulai dipikirkan. Jika seluruh keluarga senang membaca sediakan sofa besar yang bisa menampung beberapa orang sekaligus. Jika hanya Anda sendiri yang akan menggunakan, pilih single sofa yang nyaman bagi Anda. Jangan lupa untuk menambahkan sebuah coffee table kecil dan lampu untuk penerangan tambahan saat Anda membaca.

 
7. Pilih warna

Pilih warna favorit Anda untuk membuat suasana perpustakaan pribadi yang nyaman. Anda akan menghabiskan banyak waktu membaca di sini, tentunya Anda tak ingin membaca dikelilingi warna yang tidak Anda suka bukan?


8. Pencahayaan

Pastikan pencahayaan di perpustakaan pribadi Anda cukup terpenuhi. Pencahayaan sangat penting untuk diperhatikan dalam membuat perpustakaan pribadi. Cahaya alami pada siang hari dan lampu untuk membaca saat malam hari. Lampu meja atau standing lamp di samping kursi sangat membantu untuk meambah pencahayaan di malam hari. Pilih dimmer untuk menciptakan suasana berbeda yang nyaman di perpustakaan Anda.


9. Rak buku vertikal

Buat rak buku vertikal untuk menampung lebih banyak buku. Jika perlu buat rak buku yang tingginya mencapai plafond ruangan.


10. Maksimalkan view perpustakaan

Siapa yang tidak ingin membaca sambil dikelilingi pemandangan yang indah? Maksimalkan view perpustakaan Anda dengan membuat sebanyak mungkin bukaan untuk mendapatkan pemandangan indah taman Anda.

Sumber : desain Interior

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel