387 Jum'at, 29 Januari 2016 | 03:24:11

Waktu Tepat Untuk Membersihkan Karpet

waktu-tepat-untuk-membersihkan-karpetvemale

Bersih-bersih juga ada waktunya, terlebih untuk  salah satu aksesori interior yang paling sering diinjak kaki seperti karpet. Saat ini  hampir sebagian besar orang menggunakan hiasan untuk interiornya berupa karpet.  Karpet di injak dengan begitu sudah pasti  mudah sekali kotor dan menyimpan banyak debu. Terutama untuk  karpet yang ber jenis bulu tebal dan padat, akan jadi tempat berkembang biak bakteri dan sangat  berbahaya bagi kesehatan anak.

Untuk karpet jenis ini sebaiknya diberihkan secara rutin, walaupun warnanya masih terlihat cerah seolah bersih namun kita tidak bisa tahu bakteri ataupun kuman yang menempel pada bulu-bulu karpet.
Dibawah ini adalah beberapa  cara yang dinilai efektif untuk membersihkan karpet interior di rumah Anda, antara lain:

1. Karpet  kotor yang disebabkan oleh tumpahan air sisa minuman, bisa dibersihkan dengan menggunakan tepung jagung yang berfungsi untuk menyerapnya. Caranya taburkan tepung jagung di daerah yang kotor kemudian diamkan sampai benar-benar terserap. Setelah itu barulah dibersihkan dengan menggunakan alat penyedot debu.

2. Membersihkan karpet sebelum menggunakan alat penyedot debu, sebaiknya sapu terlebih dahulu permukaan karpet untuk  menyingkirkan kotoran-kotoran yang berukuran besar. Misalnya,  serpihan makanan atau benda keras lainnya yang kemungkinan akan membuat alat penyedot debu tersumbat jika tidak disapu terlebih dahulu.

3. Apabila Anda menggunakan mesin pembersih karpet akan lebih efektif  jika titik-titik kotor pada karpet  sudah diolesi cairan pembersih noda ataupun cairan khusus untuk membersihkan karpet terlebih dahulu. Bisa juga dengan menggunakan cuka.

4. Noda ataupun bau yang membandel dan masih tercium pada permukaan karpet  bisa Anda bersihkan dengan menggunakan  mesin pembersih karpet, kemudian  tambahkan air panas serta berikan cairan kimia pembersih guna untuk mencuci seratnya. Jika Anda tidak mempunyai mesin pembersih karpet dapat  disewa dari toko perlengkapan rumah dan taman, toko karpet ataupun toko khusus untuk  alat vakum.

5. Membersihkan karpet  dengan menggunakan mesin pembersih karpet, bisa langsung masukkan cairan pembersihnya untuk dicampurkan dengan air di dalam tangki mesin tersebut. Sebaiknya mengikuti petunjuk penggunaan mesin untuk mengetahui takaran pas cairan pembersih nodanya.

Sumber: kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel