56 Jum'at, 11 Desember 2015 | 03:41:59

Tips Mengajak Balita Belajar Merapikan Rumah

tips-mengajak-balita-belajar-merapikan-rumahMerries

Pada umumnya anak usia balita dapat memusatkan perhatian pada suatu benda ataupun pada suatu keadaan hanya untuk beberapa saat saja. Tips ini mengajarkan agar anak-anak bisa cukup lama untuk memanfaatkan keinginan mereka dan dapat membantu mereka sehingga  mereka merasa dihargai.

Tips ini juga bermanfaat untuk Orang tua karena dengan mengajarkan anak-anak sejak kecil membantu di rumah maka akan tumbuh rasa kemandirian dan tanggungjawab serta dapat mengembangkan kebiasaan bekerja dan rasa percaya diri bagi anak tersebut.

Berikut ini adalah tips yang dapat membantu bunda dalam mengajarkan balita merapikan rumah.

1. Membersihkan kaca jendela

Untuk membersihkan kaca jendela, ambil lap atau kertas koran kemudian biarkan tangan mungil memegangnya. Setelah itu berikan  botol penyemprot yang berisi sedikit cairan pembersih kaca yang sudah dicampur air. Hal ini adalah untuk mengajarkan kepada bali bahwa kedua alat inilah yang akan membantu kita jika ingin membersihkan jendela.

2. Merapikan mainan

Biasakan anak-anak untuk merapikan mainannya sendiri oleh karena itu sediakan kotak plastik atau kardus yang memiliki  gambar menarik diluarnya seperti gambar mobil,pemandangan, kartun kesukaan mereka, bunga, dll. Kemudian biarkan mereka memilih mainan apa yang cocok untuk disimpan didalam kotak tersebut. Beri mereka waktu untuk merapikan mainannya tentunya disesuaikan dengan kemampuan mereka sementara anak-anak merapikan mainannya kita dapat mengerjakan tugas kita sendiri. Ciptakan suasana bahagia pada saat mereka merapikan mainannya seperti sambil menyanyikan lagu-lagu kesukaan mereka.

3. Membersihkan pegangan pintu

Anak usia balita sudah mampu untuk membersihkan pegangan pintu, caranya beri mereka kain lap yang sudah diberi cairan anti bakteri untuk membersihkan pegangan pintu. Siapkan bangku kecil untuk mereka meraih tempat yang agak tinggi.

4. Mengelap meja dapur

Pekerjaan ini sangat ringan dan bisa juga menciptakan rasa senang bagi anak Anda. Bekerja sambil bermain itulah anak-anak. Untuk membersihkan meja dapur bisa kita lakukan bersama, Anda juga bisa mengadakan lomba kain lap siapa yang lebih kotor. Pasti menyenangkan bukan?

5. Mengganti seprei

Mengganti Seprei juga dapat dilakukan oleh anak balita, caranya ajak mereka untuk  menarik ujung yang keempat sementara kita menarik ketiga ujung seprei. Kemudian minta mereka untuk membantu memasukkannya ke keranjang cucian kotor. Suruh mereka pilih seprei yang akan mereka pakai, hal ini untuk merangsang semangat mereka dalam merapikan tempat tidur. Biarkan mereka menarik salah satu ujung seprei sementara kita menarik ujung-ujung yang lain.

6. Membersihkan lantai

Sebelum anak-anak diminta untuk mengepel lantai sebaiknya kita menyapu lantai terlebih dahulu kemudian barulah kita minta bantuan anak untuk mengepel lantai. Caranya beri anak kain lap basah untuk mengepel. Meskipun mungkin kurang bersih kita sebagai orangtua harus tetap menghargai kerja mereka anggap saja itu latihan buat mereka.

7. Mencuci piring

Mengajak anak membantu Anda mencuci piring adalah hal yang baik karena ini melatih anak agar bisa berhati-hati karena sebagian barang yang dicuci aladalah barang pecah belah. Ajak mereka membantu mengeringkan piring, gelas, sendok dan garpu yang telah Anda cuci dan siapkan bangku kecil agar anak dapat berdiri di atas bangku.

8. Menyortir Pakaian yang telah kering dijemur

Pekerjaan ini melatih daya ingat dan kreatifitas anak. Didalam menyortir pakaian, anak bisa memisahkan pakaian masing-masing anggota keluarga kemudian ajarkan mereka untuk melipat pakaian tersebut

9. Membuang sampah

Hal ini sangat penting diberikan ke anak agar anak lebih disiplin dan mencintai lingkungan yang bersih.  Anda dapat meminta mereka mengambil tempat sampah yang didalam rumah (dapur) kemudian  buang ketempat sampah yang luar rumah. Setelah itu minta mereka mengembalikan tempat sampah yang didalam ke tempatnya semula.

10. Menyiram tanaman

Pekerjaan ini mendidik anak untuk mencintai keindahan alam semesta. Dalam pekerjaan ini juga mengajarkan anak untuk menyayangi makhluk hidup.

Jangan lupa dan jangan pelit untuk memuji semua pekerjaan yang telah dilakukan oleh anak-anak dan ucapkan terima kasih karena mereka telah meringankan pekerjaan Anda. Dengan membiasakan  anak-anak membantu mengerjakan urusan rumah tangga sejak kecil maka setelah mereka besar, mereka  tidak menganggap semua itu adalah beban yang berat.

Semoga Manfaat,

Sumber: Keluarga

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel