494 Kamis, 19 November 2015 | 05:35:37

Tips Hebat Berantas Tikus Di Dalam Rumah

tips-hebat-berantas-tikus-di-dalam-rumahracuntikus

Tempat tinggal adalah menjadi satu faktor utama dalam berkeluarga. Dimana tempat tinggal kita adalah sebagai tempat tumbuh kembang sang buah hati tercinta oleh karena itu rumah  harus menjadi hunian paling nyaman untuk disinggahi. Tetapi apalah  jadinya jika  di dalam rumah banyak tikusnya.

Biasanya orang untuk mencegah binatang pengerat itu agar tidak berkeliaran di area rumah yakni dengan memasang perangkap bahkan ada juga yang sampai meletakan racun tikus.

Meskipun demikian, tikus tetap saja tak mudah dimusnahkan. Karena itu Chrysti Apriany, seorang Marketing Communication PT Rentokil Initial Indonesia, mengatakan hal ini tidak berarti kita harus kalah dengan tikus. Ada banyak cara efektif yang dapat menghadang  kehadiran tikus di rumah. Ada lima langkah efektif yang dapat membantu kita didalam mengatasi masalah tersebut diantaranya:

1. Mengenali keberadaan tikus tersebut

Adanya lubang ataupun liang adalah tanda keberadaan tikus. Oleh karena itu periksa area rumah, apakah terdapat lubang yang mencurigakan atau tidak. Dan jika ternyata ada lubang yang mencurigakan boleh  jadi lubang tersebut adalah lubang tikus. Jika sudah ditemukan lubang yang mencurigakan maka segera benahi kemudian tutup lubang tersebut untuk mencegah tikus balik ke sarangnya. Disamping itu adanya bau tidak sedap yang mungkin saja berasal dari kotoran tikus  juga bisa merupakan tanda adanya keberadaan tikus. Perhatikan juga apakah didapati jejak kaki ataupun jejak lemak tikus disekitar rumah Anda (smear).

2. Kemas sampah dengan baik

Sampah harus dikelola dengan baik dan jangan sampai biarkan sampah berceceran di area rumah. Periksa  tempat sampah yang ada di rumah Anda apakah masih layak pakai dan tertutup dengan baik, dan tempat sampah harus selalu dibersihkan secara berkala. Sampah harus diangkat dari rumah harus tepat waktu dan jangan biarkan sampah di rumah menumpuk terlalu lama.

3. Area sekitar rumah harus selalu bersih

Rumah harus selalu dalam keadaan bersih oleh karena itu rajinlah membersihkan rumah setiap harinya. Rumah yang bersih akan  terbebas dari tikus. Bersihkan lantai secara rutin dan untuk ruang dapur harus menjadi faktor utama yang harus dibersihkan, jangan simpan sampah didalam ruang dapur. Lantai dapur harus di pel setiap hari dan peralatan masak serta sisa makanan harus segera dibersihkan. Untuk sisa makanan harus di kemas secara baik dan letakkan di tempat yang benar-benar aman dari tikus.

4.  Celah lubang harus di tutup

Terkadang  tanpa kita disadari terdapat banyak celah masuk tikus. Biasanya celah ini terdapat pada rongga bawah pintu, celah masuk kabel pada dinding, celah jendela, dan celah pipa paralon. Yang harus diperhatikan adalah bahwa tikus dapat melewati lubang sebesar 1,2 cm hal ini hanya berbekal tulang belakangnya yang fleksibel.  Sebab itu sebaiknya jangan menunda terlalu lama untuk memeriksa dan menutup celah potensial yang terdapat pada area rumah Anda.

5. Susun barang-barang dengan rapi

Barang-barang sebaiknya di tata dengan baik. Perhatikan ruang gudang biasanya kondisi barang yang berantakan kebanyakan  terdapat di gudang dan dapat memancing kedatangan tikus. Karena itu rapikan semua barang yang ada di gudang dan susunlah secara sistematis yakni dengan memasukkan semua barang yang berceceran kedalam suatu tempat atau wadah kemudian susunlah dengan rapi. Hindari tumpukan barang jangan sampai menempel ke tembok, hal ini untuk meminimalisasi ruang gerak tikus serta mempermudah memantau pergerakannya.

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel