482 Jum'at, 18 September 2015 | 09:41:23

Cara Otomatis Dalam Menyiram Tanaman

cara-otomatis-dalam-menyiram-tanamantribunnews

Semua orang pasti menyukai tanaman, dengan tanaman dapat membuat hati yang sedang gundah menjadi sejuk.  Namun, dengan  segudang aktivitas membuat kita  tidak ada waktu untuk menyiram tanaman.

Untuk Anda yang super sibuk tetapi mencintai tanaman, mungkin dengan  membuat penyiraman otomatis dapat membantu Anda.  Ketahuilah bahwa aktivitas menyiram adalah merupakan awal yang baik untuk memastikan bahwa tanaman Anda selalu berada dalam keadaan baik.

Yang menjadi masalahnya adalah apakah kita selalu punya waktu untuk menyiram tanaman setiap hari?  Jika demikian jangan kuatir,  meskipun sibuk, Anda dapat tetap menyiram tananaman Anda dengan rutin yakni dengan cara penyiraman otomatis. Adapun Alat dan bahan yang digunakan adalah:

•  Botol plastik bekas air kemasan
•  Selang akuarium + T pembagi air
•  Kapas, lem, akuarium, kawat, dan penjepit kertas
•  Obeng dan gunting

Cara pembuatannya adalah :

•  Bagian tengah tutup botol dilubangi dengan menggunakan obeng.  Lubang pada bagian tutup botol dilubangi besarnya disesuaikan  dengan diameter selang plastik.
•  Kemudian masukkan ujung selang plastik ke dalam tutup botol
•  Setelah itu oleskan lem akuarium pada sisi dalam tutup botol. Kemudian ratakan lem sampai menutupi celah-celah antara selang plasktik dengan tepi lubang. Diamkan sampai lem benar-benar kering
•  Bagian ujung selang disumbatkan kain atau kapas. Kapas ataupun kain bermanfaat sebagai regulator yang akan mengatur debit air yang menetes. Apabila Anda menginginkan untuk menginfus pada beberapa pot sekaligus, buatlah cabang pada selang plastik dengan menggunakan T pembagi air.
•  Pada bagian dasar botol dibuatkan cantelan. Caranya, lubangi bagian dasar botol dengan membuat dua lubang. Kemudian potong kawat sepanjang 20cm lalu selipkan kawat pada kedua lubang tersebut. Rapatkan kedua ujung kawat dan pelintir keduanya agar bisa menyatu.
•  Setelah  botol selesai dibuat barulah isi botol dengan air sampai penuh, bisa juga ditambahkan pupuk untuk menyuburkan tanaman kemudian barulah pasang tutup botolnya.
•  Letakkan botol tersebut dalam keadaan jungkir balik sampai posisi tutup botol berada di bawah, lalu cantelkan pada paku pada dinding. Arahkan ujung selang ke pangkal tanaman pot. Bila tetesan air masih mengucur deras, jepit selang plastik dengan menggunakan penjepit kertas. Dengan begitu air pun akan menetes perlahan-lahan.  Untuk air sebanyak 1 liter dapat bertahan hingga 3-5jam.

Sumber :iDEA

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel