346 Senin, 24 Agustus 2015 | 05:37:56

Hemat Energi Dalam Pemakaian Lemari Es

hemat-energi-dalam-pemakaian-lemari-essolusiproperti

Biasanya orang melakukan hemat energi hanya pada lampu saja namun tidak pernah terpikirkan dalam penggunaan lemari es juga sangat berpengaruh besar pada listrik yang yang Anda pakai. Pengertian dari hemat energi itu sendiri adalah masalah dimana kita berperilaku sehari-hari di rumah dalam melakukan penghematan terhadap pemakaian listrik. Seperti  pemakaian lemari es yang berbasis hemat energi, namun akan percuma jika  perilaku kita cenderung membuat konsumsi energi meningkat.

Disini kami mencoba untuk memberikan kiat-kiat dalam mengatur pemakaian listrik agar lemari es Anda hemat energi.  Hemat energi ini disamping  dapat menyelamatkan bumi, Anda juga dapat berhemat pada saat membayar tagihan listrik setiap bulannya.

1. Dari segi peletakkan sebaiknya, hindari meletakkan lemari es di tempat yang terkena langsung sinar matahari. Disamping itu jauhi lemari es dari barang-barang yang dapat menghasilkan panas, misalnyai kompor, oven, atau microwave. Beri  jarak minimal 15 cm dari dinding, atau sesuai buku petunjuk yang diterima pada saat membeli lemari es, hal ini sangat penting sebab lemari es memerlukan ruang untuk udara panas yang keluar.

2. Jangan membuka pintu lemari es terlalu lama karena  pada saat  pintu lemari es terbuka, akan terjadi lonjakan daya yang digunakan oleh lemari es itu sendiri.

3. Pengaturan  suhu pada lemari es harus  ideal , misalnya untuk lemari pendingin suhu yang digunakan bisa berkisar  2-4 derajat Celcius dan  untuk freezer  bisa menggunakan suhu sebesar  -15 derajat Celcius. Apabila semakin dingin suhu temperatur es pastinya semakin lama kompresor bekerja, olehkarena itu  konsumsi energi listrik semakin besar. Jika  tidak terlalu perlu untuk digunakan sebaiknya  atur kembali suhu minum pada lemari es.

4. Jangan menyimpan ataupun memasukkan makanan ataupun minuman dalam keadaan panas. Sebab jika dimasukkan dalam keadaan panas makanan ataupun minuman tersebut akan menaikan suhu di dalam, dan menyebabkan  lemari es harus bekerja lebih keras untuk mengembalikan ke suhu semula.

5. Sebaiknya dalam mengisi lemari es jangan berlebihan sesuaikan dengan  muatannya . Penyimpanan yang berlebiih akan menyebabkan tertutupnya  jalur aliran udara dingin yang akan mengganggu sirkulasi udara sehingga lemari es akan bekerja lebih berat untuk mencapai suhu yang telah di atur.

6. Jangan biarkan lemari es dalam keadaan kosong karena pada saat kosong  lemari es membutuhkan daya listrik yang lebih besar, maksimalkan lemari es, tetapi tidak  berlebihan.

7.  Atur secara tersusun isi dalam lemari es dengan teratur . Hal ini untuk menghindari Anda berlama-lama membuka lemari es dikarenakan  isi lemari es yang berantakan. Disamping  itu apabila  Anda ingin meninggalkan rumah dalam  waktu yang cukup  lama, sebaiknya cabut stop kontak lemari es. Meskipun lemari es terbuka untuk mencegah terbentuknya jamur di dalamnya dan yang perlu diingat sebaiknya keluarkan dulu semua isi yang ada dalam lemari es jika lemari es dalam keadaan mati.

Sumber: iDEA

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel