348 Jum'at, 10 Juli 2015 | 02:15:00

Tanaman Hias Efektif Tanggulangi Polusi

tanaman-hias-efektif-tanggulangi-polusimancinginfo

Udara dalam ruangan juga berpotensi menyebab polusi sehingga menimbulkan sejumlah masalah kesehatan yang cukup serius, berawal dari sakit kepala hingga kanker. Salah satu studi mengungkapkan bahwa sebagian besar dari kita menghabiskan sekitar 90% dari waktu dengan berada dalam ruangan, dengan demikian  polusi udara dalam sebuah ruangan dapat mengancam kita dengan efek yang lebih berbahaya daripada polusi luar ruangan.

Untuk menanggulangi polusi dalam ruangan tanaman hias dapat dijadikan pilihan dan sangat membantu dalam mengatur suhu di ruangan Anda agar selalu tampak bersih, sehat dan sejuk.

Dianjurkan untuk satu tanaman harus berjarak sekitar 10 meter persegi luas lantai, dengan perkiraan ketinggian plafon rata-rata 8 sampai 9 meter. Hal ini artinya bahwa Anda perlu dua atau tiga tanaman untuk berkontribusi terhadap kualitas udara yang baik di ruangan.

Berdasarkan penelitian NASA, terdapat 10  tanaman hias yang paling efektif dalam mengurangi udara yang beracun yang disebabkan dari  polusi udara dan berkontribusi terhadap kelembaban internal yang seimbang. Berikut adalah 10 tanaman hias tersebut diantaranya :

1. Bambu Palm apabila ditempatkan dalam sebuah ruangan, tanaman ini akan tumbuh subur dalam kelembaban tinggi di bawah cahaya menengah. Menanam untuk jenis tanaman ini dalam wadah besar sebab seperti Palm Bambu dapat tumbuh besar, dan kondisi tanah harus memiliki drainase yang baik sebab  tanaman ini tidak tahan terhadap kondisi air yang terlalu banyak, oleh karena itu untuk selalu menggunakan pot dengan lubang dan tanah yang mempertahankan penggunaan air namun dapat mengalir dengan baik. Komposisi terbaik dari tanah untuk jenis tanaman ini adalah: 1 bagian pasir kasar, 2 bagian gambut dan 1 bagian humuBambu Palm yang dikenal sebagai pembersih udara houseplant untuk zat benzena , formaldehida, toluena, dan trichloroethylene.

2. Krisan (Chrysanthemum morifolium), jenis tanaman ini jika  berbunga sangat indah sekali. Selain indah bunganya, tanaman ini juga sangat cocok sekali apabila diletakkan di dalam sebuah ruangan. Menempatkan tanaman hias ini dapat meningkatkan kualitas udara segar pada rumah Anda, sebab tanaman ini dapat menyaring zat polutan seperti asap tembakau. Supaya tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, maka Anda dapat meletakkan tanaman ini dengan cahaya matahari yang cukup namun  jangan terkena sinar matahari langsung. Serta berikanlah drainase yang cukup apabila tanaman tumbuh di dalam pot.

3. Ivy (Hedera helix), adalah zat yang bisa diserap oleh tanaman ini sehingga dapat membuat udara dalam ruangan Anda menjadi bersih adalah benzena, formaldehida, TCE, toluena, oktan, terpene.

4. Ficus (Ficus benjamina), adalah sejenis tanaman hias yang bisa ditanam di dalam ruangan indoor sehingga menjadikan ruangan Anda tampak lebih hidup. Tanaman ini dapat membantu untuk membersihkan udara ruangan yang mengandung amonia, xylene formaldehida dan toluena.

5. Dracaena Massangeana,  merupakan jenis tanaman hias yang merupakan tanaman dan dapat  mengurangi kadar benzena dan  formaldehida dalam ruangan rumah Anda. Tidak hanya benzena dan formaldehida saja , tanaman ini juga dapat menyaring udara dari kandungan xilena dan toluena. Tanaman jenis  ini menyukai cahaya terang, namun akan mati apabila terlalu berlebihan terkena sinar matahari atau cahaya. Jadi jika Anda akan merawat tanaman ini, usahakan jangan meletakkan di ruangan yang terlalu banyak terkena cahaya mataharinya. Begitu dengan drainasenya, untuk pemberian airnya juga jangan diberikan  terlalu berlebihan.

6. Lily (Spathiphyllum), adalah jenis tanaman hias yang dapat  membantu membersihkan ruangan Anda dari zat – zat polutan. Bahkan dapat  menyaring kontaminan seperti benzena, formaldehida dan trichloroethylene.  Jika Anda meletakkan tanaman ini dalam sebuah ruangan, spathiphullum bisa membantu dalam membersihkan udara dari polutan untuk tiap 10m persegi ruangan.

7. Tradescantia Pallida, adalah tanaman hias yang  merupakan tanaman dapat menghapus empat senyawa VOC yang paling utama dan umum seperti  benzene, TCE, toluena, oktan, dan alpha-pinene. Tumbuhan ini dapat hidup dalam ruangan dengan suhu rata-rata sekitar 55-75 derajat Fahrenheit.

8. Hoya Carnosa, merupakan tanaman hias yang berasal dari Filipina bisa dijadikan pilihan Anda untuk ditempatkan di ruangan rumah atau kantor supaya udara tetap segar dan bebas dari  polusi. Berdasarkan  studi di University of Georgia, Hoya Carnosa ini bisa menyerap VOC. VOC adalah senyawa organik yang mudah menguap, biasanya kontaminannya dapat berasal dari barang-barang rumah tangga seperti  karpet, panel kayu, cat, hewan peliharaan, formaldehid, benzena dan toluena. Senyawa VOC bisa juga berasal dari buku-buku lama seperti surat kabar, lilin dan perekat.

9. Red Ivy (Hemigraphis Alternataa), seperti  dengan tanaman hias lainnya, tanaman ini juga sangat efektif dalam menghilangkan VOC berbahaya dari udara yang biasanya berasal dari barang-barang rumah tangga. Tidak hanya untuk meningkatkan kesehatan fisik Anda saja namun dapat menjadikan ketenangan. Apabila Anda menambahkan tanaman hias ini , maka kesehatan fisik Anda dapat  meningkat serta juga dapat menjadikan obat penenang  bagi Anda dari kejenuhan rutinitas atapun kegiatan Anda yang dapat menimbulkan stress bagi diri Anda.

10. Spider plant (Chlorophytum comosum, Chlorophytum elatum), adalah jenis tanaman indoor yang terkenal di masyarakat, sebab perawatannya sangat mudah yakni dapat tumbuh subur dalam kondisi apapun. Tanaman ini ternyata dapat menyaring udara dalam ruangan rumah Anda dari zat – zat polutan, seperti  formaldehida, karbon dioksida dan karbon monoksida.

Semoga manfaat,

Sumber : sharingdisini

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel