458 Kamis, 18 Juni 2015 | 04:53:11

Meninggalkan Rumah Agar Aman Saat Pulang Kampung

meninggalkan-rumah-agar-aman-saat-pulang-kampungtokopedia

Pada umumnya di hari lebaran sebagian warga akan mengunjungi kampung halamannya untuk bersilahturahmi kepada sanak saudara dan handai taulan. Kegiatan ini akan menjadi wajib bagi para perantau yang mengadu nasib di kota Jakarta.

Banyaknya orang yang melakukan mudik membuat kota Jakarta terlihat lenggang. Di berbagai perumahan ataupun pemukiman juga akan tampak sepi karena para penghuni rata-rata pulang ke kampung halamannya.

 Untuk mengatasi keamanan pada rumah ketika ditinggalkan saat mudik  dapat diatasi dengan beberapa tips berikut ini :

1.  Sebelum Anda meninggalkan rumah pastikan semua pintu dan jendela rumah sudah terkunci dan tertutup rapat sehingga tak ada celah sedikitpun untuk orang melakukan kejahatan dirumah kita.
2.  Biarkan lampu tetap dalam keadaan menyala agar orang berpikir bahwa rumah tersebut berpenghuni. Ruangan-ruangan yang harus selalu dalam keadaan terang adalah kamar dan ruang tamu. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan lampu yang dilengkapi sensor cahaya.
3.  Apabila dana Anda memungkinkan jangan segan-segan untuk memasang CCTV dirumah Anda agar lebih terkontrol dan letakkan CCTV pada bagian-bagian strategis dalam rumah Anda.
4.  Perhatikan listrik dalam rumah Anda, pastikan semua colokan dalam keadaan mati. Kompor, pompa air , setrikaan, dan semua barang elektronik yang berhubungan dengan listrik pastikan dalam keadaan baik dalam artian tidak sedang tersambung dengan listrik.
5.  Untuk keamanan sebaiknya jangan tinggalkan barang-barang berharga Anda dirumah, sebaiknya dititipkan ke rumah pegadaian ataupun bank.
6.  Dokumen-dokumen penting seperti ijasah, kartu keluarga dan surat-surat lainnya pastikan tersimpan ditempat yang aman.
7.  Sebelum Anda meninggalkan rumah sebaiknya Anda melaporkan kepergian Anda dan keluarga kepada ketua RT/RW ataupun kepada tetangga yang benar-benar Anda percayai.
8.  Apabila ada hewan peliharaan yang memang tidak seharusnya Anda bawa untuk mudik sebaiknya hewan peliharaan Anda dititipkan di penitipan hewan atau kepada orang yang memang Anda percayai.

Semoga tips yang singkat dan sederhana ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Selamat Mudik semoga selamat sampai ditujuan.

Sumber : desainrumahkeren

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel