254 Jum'at, 15 Mei 2015 | 02:10:25

Lakukan Empat Cara Ini Untuk Membersihkan Garasi

lakukan-empat-cara-ini-untuk-membersihkan-garasiKompas

Umumnya garasi memiliki fungsi sebagai tempat parkir kendaraan di rumah, tapi selain itu garasi juga memiliki fungsi sebagai tempat menaruh barang seperti perkakas tanaman, pemotong rumput, peralatan dari kayu dan bahkan barang-barang yang jarang digunakan.

 

Dari banyak fungsi yang dimiliki garasi, dan pada umumnya penempatan garasi rumah jarang terjangkau oleh orang luar atau tamu, membuat garasi seringkali tidak diimbangi dengan pemeliharaan yang teratur, tidak seperti interior rumah lainnya. Hal tersebut dapat menyebabkan menumpuknya kotoran dan sampah.

 

Jika kebersihan garasi sering diabaikan begitu saja, tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat menyebabkan beberapa persoalan kesehatan dan keamanan. Berikut tips langkah membersihkan garasi dengan mudah.

 

  1. Pertama-petama hal yang harus dilakukan adalah mengeluarkan semua barang yang ada di dalam garasi, lalu buatlah pengelompokan dari barang-barang tersebut, misal menjadi tiga kelompok tumpukan yaitu, barang yang akan disimpan dan akan dipergunakan kembali, barang yang akan disumbangkan, dan barang-barang yang akan dibuang. Jika didalamnya terdapat barang yang masih berfungsi dengan baik namun sudah jarang digunakan, maka tidak ada salahnya untuk menjual kembali barang tersebut dalam situs online jual beli barang bekas yang sudah banyak tersedia saat ini.
  2. Maka jika telah memilah dan melilih barang-barang yang ada didalam garasi, hal selanjutnya adalah membersihkan barang-barang tersebut, dikarenakan barang-barang yang tersimpan lama di dalam garasi sangat mudah berdebu. Gunakan selang air untuk menyiram perlengkapan yang tidak rusak terkena air seperti tong sampah, alat-alat kebun, sepeda dan perlengkapan lain yang kotor. Biarkan hingga kering, lalukan pembersihan ini saat barang-barang masih diluar garasi. Untuk barang-barang yang mudah rusak terkena air maka lakukan pembersihan dengan membasuhnya menggunakan kain basah. Lakukan pengecekan untuk mesin pemotong rumput, apakah membutuhkan pemeliharaan kembali, sama halnya dengan alat berkebun lain, apakah perlu diasah atau diperbaiki sebelum semua perlengkapan tersebut dimasukan kedalam garasi kembali.
  3. Setelah barang-barang yang dikeluarkan dari garasi telah dibersihkan, sekarang saatnya melakukan pembersihan garasinya. Hilangkan jaring laba-laba yang ada di sudut-sudut dinding dengan menggunakan sapu, bersihkan debu pada rak-rak menggunakan kain basah. Sapu permukan lantai bagasi, setelah itu sikat setiap sudut dan celah bagasi, serta seluruh lantai bagasi. Jika terdapat noda minyak yang sukar dihilangkan gunakan serbuk gergaji atau gunakan pasir untuk kotoran kucing, selanjutnya tuangkan degreaser dan tunggu selama lima belas menit, kemudian sikat dan bilas dengan air lalu keringkan.
  4. Setelah semuanya bersih lakukan penataan kembali barang-barang kedalam garasi. Bila perlu, gunakan kotak plastik yang transparan untuk menampung barang-barang agar mudah ditemukan tanpa harus menggeledah semua barang. Beri label dengan menulisakan nama dari kelompok barang tersebut.

Sebaiknya letakan bahan-bahan kimia seperti cat, oli dan lainnya di rak yang tinggi atau di belakang rak, agar tidak mudah terjangkau oleh anak-anak. Untuk alat-alat besar seperti sepeda dan alat berkebun gunakan kait untuk menggantungnya agar tak memenuhi ruangan garasi.

 


Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel