1368 Senin, 11 Mei 2015 | 11:42:29

Tips Menghilangkan Retak Halus Pada Dinding

tips-menghilangkan-retak-halus-pada-dindingProperti Kita

Keretakan kecil atau biasa disebut retak rambut sering terjadi pada dinding tembok yang telah  kering dan biasanya hanya berukuran sekitar 1 mm. Hal ini sering diabaikan oleh kebanyakan orang dikarenakan keretaknya tidak sampai menembus bagian sebelah tembok, namun jika dibiarkan terlampau lama akan menimbulkan lumut dan jamur yang nantinya akan bersarang dan berkembang biak didalam retakan tersebut, dan berdampak pada keindahan bangunan anda yang menurun.

 

Retak rambut disebabkan oleh :

 

  1. Suhu udara sangat berpengaruh pada proses pemuaian dinding. Nilai muai susut yang berbeda-beda dari setiap material pun diakibatkan oleh pengaruh suhu udara, jadi pada beberapa material seperti batako, bata ringan, atau bata merah akan mengalami pemuaian lebih cepat dan dampak dari pemuaian tersebut dinding akan mengalami pergerakan yang mengakibatkan keretakan.
  2. Kelalaian yang terjadi pada saat pengerjaan dinding. Misalnya sebelum membuat acian, plester tidak dibasahi terlebih dahulu, atau cat tembok tidak menempel sempurna dikarenakan penggunaan cat tembok biasa yang nilai elastis dan kerapatannya kecil, atau campuran plesteran kurang baik, seperti terlalu banyak pasir dibandingkan dengan semennya, atau pasir mengandung bahan organik.

 

Menurut Project Sales Manager PT Propan Raya ICC yang juga produsen cat Propan, Ramdhan Efendi memberikan saran hal-hal yang dapat dilakukan agar keretakan pada dinding dapat dikurangi ;

 

  1. Penggunaan semen acian yang telah siap pakai, hal ini dapat mengurangi penyusutan yang tinggi saat melakukan pengeringan acian.
  2. Jika menggunakan semen biasa untuk acian, maka lakukan penyiraman berkala untuk memperlamban pengeringan.
  3. Ketika retak halus telah terjadi, lakukan pengamplasan kemudian cuci bagian dinding yang retak, lalu berikan plamir atau cement filler pada tempat retak, kemudian amplas bagian plamir yang tidak rata dan kasar, jika sudah kering berikan alkali resisting primer, dan terakhir oleskan cat akhir.
  4. Untuk memperoleh hasil maksimal, pada cat akhir gunakan cat dari elastomeric yang keelastisannya tinggi, guna mengurangi keretakan kembali.

 

Produsen cat Dulux dan Catylac juga Marketing Director AkzoNobel Decorative Paints Indonesia, Mediko Azwar memaparkan, pada tembok bagian luar baiknya menggunakan cat jenis elastomeric yang mengandung elastoshield yang dapat menutup dengan baik retak halus pada dinding, dan juga melindungi dinding dari sinar matahari dan hujan secara maksimal.

 

Sumber : Housing Estate

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel