220 Rabu, 06 Mei 2015 | 03:29:41

Cara Aman Meninggalkan Anak Di Rumah

cara-aman-meninggalkan-anak-di-rumahokeschool

Seorang ibu pasti memiliki kecemasan ketika harus meninggalkan anaknya dirumah sendirian. Hal ini adalah suatu kewajaran karena bagi seorang ibu selama ia masih bernafas yang ada dipikirannya hanyalah anak-anaknya. Meskipun anaknya telah tumbuh dewasa kecemasan dari seorang ibu akan selalu ada.

Tidak semua anak siap untuk ditinggal sendirian dirumah dan tidak semua ibu juga siap untuk meninggalkan anaknya di rumah seorang diri. Namun itu semua tergantung dari tingkat kematangan anak itu sendiri. Oleh karena itu jika Anda ingin meninggalkan anak Anda dirumah seorang diri diperlukan suatu tingkat kematangan dan kesiapan dari kedua belah pihak. Misalnya Anda dapat mencoba ketika sedang duduk berdua dengan sang anak, Anda dapat bercerita tentang pengalaman ataupun cerita-cerita seorang anak yang pemberani namun ingat ceritanya harus dapat dimengerti oleh anak dan jangan sekali-kali cerita yang sekiranya dapat membahayakan anak karena anak salah mengartikan dari cerita Anda. Setelah Anda bercerita biarkan anak Anda berpendapat dan mengeluarkan apa yang ia rasakan dari cerita Anda tersebut. Hal ini agar Anda dapat mengetahui sejauh mana daya tangkap yang dicerna sang anak dari cerita Anda.

Seperti yang telah diutarakan diatas bahwa kecemasan dari seorang ibu itu pasti ada oleh karena itu jika Anda merasa cemas sebaiknya Anda menitipkan anak Anda kepada orang yang benar-benar Anda percayai.

Berikut  ini yang bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi Anda untuk meninggalkan anak dirumah yaitu:

•  Pastikan anak dalam keadaan nyaman berada didalam rumah

•  Pastikan anak Anda tahu nama lengkapnya, alamat rumahnya, nomor telp rumahnya dan orangtuanya serta paham untuk menghubungi orangtuanya dikantor

•  Pastikan anak Anda tahu bagaimana caranya menghubungi jika terjadi hal-hal yang tidak terduga

•  Pastikan anak Anda dalam keadaan aman dirumah oleh karena itu singkirkan benda-benda yang kemungkinan dapat membahayakan anak Anda seperti bahan kimia ataupun benda-benda tajam.

•  Buatlah suatu rutinitas yang dapat dilakukan anak Anda selama Anda tidak ada dirumah seperti PR, tugas rumah, mengunci pintu dan jam-jam dia harus menghubungi Anda.

•  Jangan biarkan ada orang lain tahu bahwa anak Anda tidak dalam pengawasan orang dewasa keculai pada orang yang benar-benar Anda percaya.

Semoga Manfaat

Sumber : republika

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel