406 Sabtu, 18 April 2015 | 03:09:45

Tips merawat Tabung Gas

tips-merawat-tabung-gasIdea Online

Sebagian besar masyarakat di Indonesia bahkan diseluruh dunia pastilah dalam kehidupan sehari-harinya selalu berhubungan dengan yang namanya tabung gas, terurama bagi para ibu rumah tangga. Akan tetapi ada sebagian orang yang mungkin belum mengetahui bagaimana cara tyang benar didalam merawat tabung gas.

Tidak sedikit peristiwa yang terjadi bahkan ada yang samapi harus kehilangan nyawanya yang dikarenakan dari penggunaan tabung gas yang tidak benar.  Oleh karena itu merawat tabung gas dengan cara yang  benar merupakan satu hal yang harus Anda lakukan. Apabila Anda  salah dalam merawat tabung gas, maka bukan tidak mungkin nyawa Anda bisa menjadi taruhannya. Seperti yang terjadi baru-baru ini  ada sebuah keluarga yang tinggal  dilingkungan peternakan di Inggris, berhasil selamat dari ledakan gas yang hampir saja merengut nyawa mereka. Si pemilik berhasil terselamatkan pada saat mereka sedang mengajak Anjing mereka untuk berjalan-jalan di sebuah taman. Pastinya hal tersebut tidak hanya terjadi di inggris saja, namun  di Indonesia pun sudah  banyak kejadian serupa yang menjadi korban tabung gas yang meledak.

Ada beberapa  hal yang dapat menjadi pemicu tabung gas meledak. Mulai dari cara membeli tabung gas  yang kurang teliti, sampai kepada  cara merawat kompor gas yang tidak benar.  Dalam hal ini dapat sangat membahayakan Anda dan keluarga tercinta.

Berikut  adalah tips bagaimana cara merawat tabung gas yang benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, diantaranya adalah :

•    Tabung gas biasanya diproduksi secara massal, oleh karena itu dikuatirkan aka nada disalah satunya yang memiliki kondisi cacat. Sehingga hal inilah yang perlu diperhatikan dan dilakukan pengecekan.
•    Perhatikan kualitas selang dan regulator kompor. Hal ini sanagt penting karena sering kali apabila terjadi ledakan salah satu penyebabnya adalah  kebocoran gas. Sebaiknya Anda menggunakan produk dengan label SNI yang memang sudah teruji standar kelayakannya.
•    Lakukan perawatan yang baik serta lakukan pemeriksaan rutin kompor Anda. Mulai dari komponennya sampai pada  tabungnya. Apa bila Anda tidak memahami komponen-komponennya Anda bisa menggunakan tenaga ahli/service yang memang mengerti. Untuk cara mudahnya, cek apakah bau gas keluar dari selang atau tabung. Jika iya, segera lakukan penanganan.
•    Buatlah bukaan yang cukup pada area dapur. Selain untuk mengoptimalkan pencahayaan, bukaan ini membuat sirkulasi udara terjadi sehingga jika terjadi kebocoran gas akan dialirkan keluar ruangan melalui jendela.
•    Selalu gunakan jasa tukang service  yang memang ahli dibidangnya.

Sumber : iDEAONLINE

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel